Current Issues

Sebelum Lakukan Perjalanan, Intip Dulu Harga Terbaru Tes Antigen dan PCR Berikut

Dwiwa

Posted on September 2nd 2021

Semenjak pandemi Covid-19 menyebar di Indonesia, hasil negatif tes polymerase chain reaction (PCR) dan rapid tes antigen menjadi salah satu syarat bagi pelaku perjalanan. Kabar baiknya, tarif tes untuk Covid-19 ini mengalami penurunan cukup signifikan dalam sebulan terakhir.

Untuk tes PCR, harganya turun hampir setengah terhitung sejak 17 Agustus 2021. Jika sebelumnya pemerintah menetapkan tarif tertinggi untuk PCR Rp 900 ribu, kini turun menjadi Rp 495 ribu untuk Jawa dan Bali serta Rp 525 ribu untuk luar Jawa-Bali.

Penurunan tarif PCR ini merupakan tindak lanjut dari intruksi Presiden Joko Widodo yang meminta tarif tes PCR dari Rp 900 ribu menjadi Rp 450 ribu sampai Rp 550 ribu per tes. Tidak hanya turun harga, hasil tes PCR juga diminta agar tersedia dalam waktu 1 kali 24 jam.

Bukan hanya tarif PCR saja yang mengalami penurunan. Pada Rabu (1/9), Kementerian Kesehatan juga telah menetapkan standar harga terbaru untuk rapid diagnostic test antigen (RFT-Ag) dari Rp 250 ribu menjadi Rp 99 ribu untuk Pulau Jawa-Bali dan Rp 109 ribu untuk luar wilayah tersebut.

Tarif baru ini berlaku untuk semua fasilitas pelayanan kesehatan yang memberikan pelayanan pemeriksaan RDT-Ag. Tetapi ini hanya untuk individu yang melakukan pemeriksaan atas permintaan sendiri, bukan untuk contact tracing atau rujukan kasus ke RS.

Meskipun pemerintah sudah menetapkan batas tarif tertinggi untuk PCR maupun antigen, sejumlah klinik juga ada yang menawarkan harga tes lebih mahal. Namun harga yang lebih tinggi ini dibarengi dengan tambahan fasilitas, seperti hasil yang lebih cepat didapat.

Meski kini harga tes Covid-19 PCR dan antigen lebih terjangkau, kalian jangan langsung kalap untuk pergi liburan ya guys. Ingat, pandemi masih belum berakhir. Jadi, para ahli tetap menganjurkan agar membatasi mobilitas agar penyebaran Covid-19 bisa segera dikendalikan. (*)

 

Related Articles
Current Issues
Ingin Bepergian ke Luar Negeri? Perhatikan 6 Hal Ini Agar Lebih Aman

Current Issues
Hasi Uji Covid-19 Negatif Tetapi Kok Terinfeksi dan Menular? Ini Loh Alasannya

Current Issues
Mau Liburan Natal dan Tahun Baru? Simak Yuk Aturan yang Berlaku