Sport

Cristiano Ronaldo Resmi Jadi Pencetak Gol Terbanyak Level Internasional

Dwiwa

Posted on September 2nd 2021

Reuters

Cristiano Ronaldo baru saja mencatatkan namanya sebagai pencetak gol terbanyak sepanjang sejarah bagi tim nasional. Sejarah itu terukir ketika Ronaldo membawa Portugal menakhlukkan Irlandia 2-1 di babak kualifikasi Piala Dunia 2022 pada Kamis dini hari (2/9). 

Dua gol yang dicetak Ronaldo dalam pertandingan itu membuatnya berhasil mengungguli pemain Iran Ali Daei sebagai pencetak gol internasional terbanyak. Kini, CR7 berada di posisi teratas dengan total 111 gol.

“Rekor ini milikku dan unik,” ujar Ronaldo usai pertandingan seperti dilansir dari ESPN. “Aku sangat senang dan ini satu lagi pencapaian untuk karirku. Ini tentang motivasi dan keinginanku untuk terus bermain sepak bola, juga dari kontrak terakhir yang kubuat, di mana aku senang pulang ke rumah.”

“Jika kita bangun setiap hari dengan ambisi untuk memotivasi dan melakukan yang lebih baik, untuk membuat para penggemar dan anak kita bahagia, itu penting. Ini rekor lain untuk museum,” lanjutnya.

Ronaldo menyamai rekor 109 gol Daei di Euro 2020 dengan melesakkan dua gol saat penyisihan grup lawan Prancis. Ronaldo juga membuat sejarah Euro ketiga dia mencetak dua gol dalam pertandingan pembukaan penyisihan grup melawan Hungaria untuk menjadi pencetak gol terbanyak sepanjang masa turnamen dengan 11 gol.

Selain itu, dia menjadi orang pertama yang tampil dalam lima Euro, kedua secara keseluruhan setelah Carolina Morace (pemain sepak bola perempuan) dari Italia yang tampil di enam turnamen. Ronaldo juga satu-satunya yang mencetak gol dalam lima turnamen Euro, memperpanjang rekornya sendiri.

Secara keseluruhan, rekor Ronaldo ini berada di urutan ke delapan dalam daftar pencetak gol terbanyak. Tujuh urutan di atasnya ditempati para pemain sepak bola perempuan dengan posisi teratas dihuni oleh Christine Sinclair dari timnas Kanada yang mengantongi 186 gol.

Pemain berusia 36 tahun itu memulai debut internasionalnya pada 2003. Sejauh ini, dia sudah 180 kali membela Portugal yang membuatnya sejajar dengan pemain Spanyol Sergio Ramos sebagai pemain Eropa dengan penampilan terbanyak untuk tim nasionalnya. (*)

 

Related Articles
Sport
Ronaldo Cetak Gol ke-700, #CR700 Langsung Trending

Sport
Botol Coca-Cola Disingkirkan Ronaldo Saat Konferensi Pers, Saham Langsung Anjlok

Current Issues
Cristiano Ronaldo Hingga Paul Pogba Singkirkan Produk Sponsor, Ini Respon UEFA