Tech

Twitter Uji Coba Safety Mode, Tweet Kasar Langsung Kena Blokir

Jingga Irawan

Posted on September 2nd 2021

Credit: Twitter

Akun palsu yang suka berkomentar kasar di Twitter tak akan berani macam-macam lagi. Melansir The Verge pada Kamis (2/9), Twitter sedang menguji coba fitur Safety Mode. Fitur ini bakal memblokir sementara akun secara otomatis yang mengirimkan tweet berbahaya atau kasar kepada kalian.

Safety Mode diluncurkan dalam versi beta untuk sebagian akun di iOS, Android, dan pengguna Twitter di website dengan pengaturan bahasa Inggris aktif. Perusahaan juga berencana untuk memperluas uji coba dalam beberapa bulan mendatang.

“Ketika fitur diaktifkan di pengaturan, sistem kami akan menilai kemungkinan adanya hal negatif dengan mempertimbangkan konten twit dan hubungan antara pembuat tweet dan penjawab,” kata manajer produk senior Jarrod Doherty.

“Teknologi kami memperhitungkan hubungan yang ada, sehingga akun yang kalian ikuti atau sering berinteraksi dengannya tak akan diblokir secara otomatis.”

Akun diblokir sementara selama tujuh hari, tetapi perusahaan mengatakan kalian dapat membatalkan pemblokiran apabila sistem pendeteksi keliru. Akun yang diblokir untuk sementara waktu tak dapat mengikuti akun, melihat twit atau mengirim pesan melalui Direct Message kepada pengguna yang dijadikan sasaran.

Twitter memamerkan Safety Mode di bulan Februari pada presentasi Analyst Day. Menurut Twitter, fitur baru tersebut berupaya mengurangi penyalahgunaan di platform.

Sebelumnya, Twitter juga merilis fitur yang dapat menyembunyikan reply,  mengizinkan pengguna membatasi siapa yang dapat membalas posting-an, dan menampilkan peringatan sebelum pengguna men-tweet balasan yang berpotensi berbahaya.

Terlepas dari fitur-fitur baru, pelecehan terus menjadi masalah utama di Twitter. Misalnya yang dilaporkan baru-baru ini tentang ramainya pelecehan ras terhadap pemain kulit hitam di tim sepak bola Inggris yang kehilangan kejuaraan Euro 2020.(*)

 

Related Articles
Tech
Twitter Kenalkan Fitur Pelaporan Baru Terkait Misinformasi Covid-19 dan Pemilu

Tech
Nigeria Bakal Cabut Pemblokiran Twitter Sebelum Akhir Tahun

Tech
Twitter Bakal Izinkan Pengguna Sembunyikan Tweet Lamanya