Interest

Polusi Udara Mungkin Turunkan Harapan Hidup Sampai 9 Tahun di India

Dwiwa

Posted on September 1st 2021

Polusi udara telah lama diketahui memiliki dampak buruk bagi kesehatan. Tetapi sebuah penelitian terbaru mengungkap jika dampak polusi udara mungkin lebih mengerikan.

Dilansir Reuters, studi yang dilakukan kelompok riset AS menemukan jika polusi udara kemungkinan akan mengurangi harapan hidup hingga lebih dari 9 tahun pada sekitar 40 persen orang India.

Laporan yang dibuat oleh Energy Policy Institute di Universitas Chicago (EPIC) ini menyebut jika lebih dari 480 juta orang yang tinggal di India tengah, timur, dan utara, termasuk ibu kota, New Delhi, mengalami tingkat polusi yang sangat tinggi.

“Yang mengkhawatirkan, tingkat polusi udara India yang tinggi telah meluas secara geografis dari waktu ke waktu,” jelas laporan EPIC.

Misalnya, kualitas udara telah memburuk secara signifikan di negara bagian barat Maharashtra dan negara bagian tengah Madya Pradesh.

Menurut EPIC, jika tujuan National Clean Air Program (NCAP) yang diluncurkan pada 2019 untuk mengendalikan tingkat polusi berbahaya bisa dipertahankan dan dicapai, maka harapan hidup negara secara keseluruhan akan meningkat sebesar 1,7 tahun dan New Delhi 3,1 tahun.

NCAP bertujuan untuk mengurangi polusi di 102 kota yang terkena dampak buruk sebesar 20-30 persen pada 2024. Program ini memastikan pengurangan emisi industri dan knalpon kendaraan lewat aturan ketat untuk bahan bakar transportasi dan pembakaran biomassa serta mengurangi polusi debu. Ini juga akan memberikan sistem pemantauan yang lebih baik.

New Delhi merupakan ibu kota paling tercemar di dunia untuk tiga tahun berturut-turut pada 2020 berdasarkan IQAir, sebuah kelompok asal Swiss yang menghitung tingkat kualitas udara berdasarkan konsentrasi partikel udara yang merusak paru-paru yang dikenal sebagai PM2.5.

Selain itu, berdasarkan temuan EPIC, negara tetangga India, Bangladesh, juga bisa meningkatkan harapan hidup rata-rata 5,4 tahun jika negara tersebut meningkatkan kualitas udara ke tingkat yang direkomendasikan oleh Organisasi Kesehatan Dunia.

Untuk mendapatkan angka harapan hidup, EPIC membandingkan kesehatan orang yang terpapar berbagai tingkat polusi udara jangka panjang dan menerapkan hasilnya ke berbagai tempat di India dan yang lainnya. (*)

Artikel Terkait
Interest
Jakarta Jadi Kota dengan Polusi Tertinggi di Indonesia Versi IQ Air

Interest
Polusi Udara Meningkat Cepat di Kota yang Sedang Berkembang

Lifestyle
Keren, Perusahaan di India Buat Ubin dari Udara Tercemar