Tech

Spotify Resmi Luncurkan Fitur ‘Blend’, Bisa Gabungkan Selera Musik

Jingga Irawan

Posted on September 1st 2021

Credit: Spotify

Saling sharing playlist Spotify sudah menjadi tradisi wajib di kalangan Gen Z. Terutama bagi kalian yang punya selera musik serupa. Nah, untuk mempermudah preferensi mendengarkan lagu, Spotify secara resmi meluncurkan fitur di mana kalian bisa menggabungkan selera musik yang dikurasi menjadi playlist bareng orang terdekat. 

Dilansir TechCrunch pada Rabu (1/9), fitur yang disebut ‘Blend’ itu diluncurkan secara global bagi seluruh pengguna, baik untuk akun premium maupun gratis. Fitur tersebut menggunakan teknologi pencampuran musik yang sama seperti playlist otomatis lainnya: Family Mix dan Duo Mix Spotify.

Spotify sebenarnya telah melakukan pengujian beta untuk Blend sejak Juni, namun telah dikembangkan lebih lanjut dengan beberapa perubahan. Selama pengujian Blend, Olivia Rodrigo memuncaki posisi teratas untuk artis yang paling banyak diputar di playlist Blend, diikuti oleh Doja Cat, Taylor Swift, The Weeknd, dan Lil Nas X.

Dengan peluncuran resmi sekarang, kalian yang membuat Blend akan mendapat Taste Match Score. Skor ini menunjukkan seberapa mirip atau berbeda preferensi musikmu bareng orang terdekat. Setelah Blend dibuat, skor kecocokan rasa ini akan menunjukkan persentase yang disertai pemberitahuan lagu mana yang sama-sama kalian suka.

Blend juga akan menampilkan art cover baru untuk membantu kalian mencari playlist dengan lebih mudah. Pelanggan premium juga akan mendapatkan keuntungan ekstra, mereka dapat melihat preferensi siapa yang berkontribusi pada setiap lagu di playlist.

Cara untuk membuat Blend cukup mudah. Kalian dapat mengakses Blend dari Made for You di aplikasi Spotify. Untuk memulai, kalian klik Create Blend lalu pilih Invite, untuk memilih seseorang yang ingin kalian ajak bergabung. 

Saat seseorang tersebut menerima undangan kalian, Spotify akan membuat cover, daftar lagu, dan menampilkan skor kecocokan selera kalian. Kemudian, kalian dapat mengklik Share This Story untuk memposting cerita kalian ke media sosial lain.(*)

 

Related Articles
Tech
Gantian Jadi DJ dengan Group Session, Fitur Baru Spotify

Entertainment
Olivia Rodrigo Jadikan ‘Sour’ Album 2021 yang Paling Banyak Didengar di Spotify

Current Issues
Mendengarkan Musik Menentukan Mood, Kok Bisa?