Tech

Catat! Microsoft Rilis Windows 11 Resmi Sebagai Free Upgrade 5 Oktober Nanti

Jingga Irawan

Posted on September 1st 2021

Credit: Microsoft

Microsoft mengumumkan bahwa Windows 11 akan dirilis pada 5 Oktober. Melansir The Verge pada Rabu (1/9), sistem operasi baru akan tersedia sebagai Free Upgrade untuk PC Windows 10 yang memenuhi syarat, atau pada perangkat baru yang disertakan dengan pre-load Windows 11.

Pembaruan gratis ke Windows 11 akan mulai diluncurkan pada tanggal 5 Oktober, tetapi seperti banyak update Windows sebelumnya, upgrade gratis akan tersedia secara bertahap. Perangkat yang lebih kompatibel akan jadi prioritas Microsoft. Barulah, Windows 11 akan tersedia untuk lebih banyak perangkat di pasaran dalam beberapa minggu setelah tanggal peluncuran.

“Mengikuti pembelajaran luar biasa dari Windows 10, kami ingin memastikan bahwa kami memberi pengguna pengalaman terbaik,” jelas Aaron Woodman, manajer umum pemasaran Windows di Microsoft.

“Kami berharap semua perangkat yang memenuhi syarat akan ditawarkan upgrade gratis ke Windows 11 pada pertengahan 2022.”

Pada PC Windows 10, pengguna akan diberitahu tentang ketersediaan upgrade Windows 11 melalui notifikasi Windows Update. Pengguna juga dapat mengecek apakah perangkat yang dimiliki memenuhi syarat untuk upgrade Windows 11 melalui Windows Update, atau aplikasi PC Health Check Appkhusus Microsoft.

Meskipun bakal diluncurkan pada 5 Oktober, tak semua fitur yang diumumkan akan tersedia. Misalnya, Microsoft bakal menyediakan aplikasi Android ke Windows 11 dalam kemitraan dengan Amazon dan Intel, tetapi fitur ini tak akan tersedia pada 5 Oktober.

Preview aplikasi Android di Windows 11 akan tersedia untuk Windows Insiders dalam beberapa bulan mendatang, menunjukkan bahwa kemungkinan tak akan diluncurkan ke semua pengguna Windows 11 hingga 2022.

“Kami berharap dapat melanjutkan perjalanan kami untuk menghadirkan aplikasi Android ke Windows 11 dan Microsoft Store melalui kolaborasi kami dengan Amazon dan Intel. Ini akan dimulai dengan preview untuk Windows Insiders dalam beberapa bulan mendatang,” kata Aaron Woodman, manajer umum pemasaran Windows di Microsoft.

Microsoft juga mengklarifikasi persyaratan sistem minimum untuk Windows 11 minggu lalu, tetapi dilengkapi dengan solusi bagi kalian yang perangkatnya tak memenuhi syarat.

Kalian dapat menginstal Windows 11 pada perangkat keras apa pun menggunakan metode ISO, selama PC kalian memiliki prosesor 64-bit 1GHz dengan dual core atau lebih, RAM 4GB, penyimpanan 64GB, dan chip TPM 1.2.

Jika PC kalian tak sepenuhnya kompatibel dengan Windows 11, tenang saja. Microsoft masih mendukung Windows 10 hingga 14 Oktober 2025. Namun, tak jelas berapa banyak pembaruan besar yang akan dirilis Microsoft untuk Windows 10 selama empat tahun ke depan.(*)

Related Articles
Tech
Aplikasi Android Sudah Tersedia untuk Windows 11 di Beta Channel

Tech
Bocor di Internet, Ternyata Tampilan OS Windows 11 Mirip Seperti Windows 10X

Tech
Siap "Say Goodbye", Windows 10 Resmi Pensiun pada 2025