Current Issues

Meski PPKM Diperpanjang, Aturan di Mal Sudah Makin Dilonggarkan

Dwiwa

Posted on August 31st 2021

Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berbasis level masih diperpanjang oleh pemerintah. Dalam kanal YouTube Sekretariat Presiden, Presiden Joko Widodo mengumumkan jika PPKM diperpanjang sampai 6 September.

Meskipun diperpanjang, tetapi ada sejumlah penyesuaian terhadap aturan yang diterapkan selama PPKM level 2-4 seminggu ke depan. Salah satu tempat yang mendapat kelonggaran dalam PPKM berbasis level pada 31 Agustus sampai 6 September ini adalah mal.

Dilansir Antara, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan jika akan ada penyesuaian terhadap jam operasional mal. Tidak hanya itu saja, kapasitas konsumen yang dine in alias makan di tempat juga akan ditambah.

“Penyesuaian kapasitas dine-in di dalam mal menjadi 50 persen dan waktu jam operasional mal diperpanjang menjadi pukul 21.00,” jelas Luhut dalam konferensi pers pada Senin malam.

Menurut Luhut, menurunnya kasus terkonfirmasi Covid-19  di Indonesia membuat proses pemulihan ekonomi lebih cepat dari yang diperkirakan. Hal ini bisa terlihat dari survei mandiri yang memperlihatkan adanya peningkatan indeks belanja dan kunjungan warga ke pusat perbelanjaan di Jawa-Bali.

Dalam penerapan PPKM kali ini, pemerintah juga akan mulai melakukan uji coba seribu gerai restoran di luar mal dan yang ada di ruang tertutup untuk dapat beroperasi. Nantinya, kapasitas konsumen masih akan dibatasi 25 persen dari total tempat duduk. Uji coba akan dilakukan di Jakarta, Bandung, Semarang, dan Surabaya.

Selain mal, supermarket, pasar tradisional, toko kelontong dan pasar swalayan yang menjual kebutuhan sehari-hari juga diizinkan buka sampai pukul 21.00. Kapasitas pengunjungnya pun bisa sampai 50 persen.

Namun tentu saja meskipun kapasitas dan jam operasi diperpanjang, pengunjung yang datang ke mal juga harus memenuhi syarat tertentu. Mulai dari berusia 12 sampai 70 tahun, sudah divaksin, dan memiliki aplikasi PeduliLindungi. (*)

Artikel Terkait
Current Issues
Ini Loh Arti Warna Hasil Skrining Aplikasi Peduli Lindungi Saat Masuk Mal

Current Issues
PTM Terbatas di Daerah PPKM Level 1-3 Mulai Digelar, Vaksinasi Remaja Dikebut

Current Issues
Eropa Kembali Alami Lonjakan Kasus Covid-19, Indonesia Tak Boleh Lengah