Tech

Koneksi iPhone 13 ke Satelit Ternyata Hanya untuk Keadaan Darurat

Jingga Irawan

Posted on August 31st 2021

Kabar kemampuan Apple yang dapat terkoneksi dengan satelit telah menghebohkan publik. Menurut laporan Bloomberg terbaru, rencana Apple mengizinkan pengguna terhubung dengan satelit terkait pertimbangan keselamatan. Mereka ingin agar pengguna dapat menghubungi layanan darurat di area yang tak memiliki jangkauan seluler.

Artikel tersebut diterbitkan setelah analis Apple Ming-Chi Kuo mengatakan bahwa iPhone 13 mungkin dapat melakukan panggilan satelit. Ming-Chi Kuo memang sering mengungkapkan rincian tentang rencana Apple sebelum perusahaan mengumumkannya secara resmi, tetapi sumber Bloomberg menunjukkan bahwa pendekatan Apple untuk konektivitas satelit iPhone lebih terbatas.

Menurut Bloomberg, salah satu fitur yang disebut emergency messages via satelit memungkinkan pengguna mengirim SMS ke layanan darurat dan kontak darurat, saat kalian tak memiliki sinyal dengan memanfaatkan jaringan satelit.

Pesan-pesan ini akan memiliki batas karakter dan ditampilkan berwarna abu-abu, bukan hijau yang digunakan untuk pesan SMS atau biru yang biasanya terlihat di iMessages. Dan ketika pengguna mengirim salah satu pesan ini ke kontak darurat, tak akan mempengaruhi mode “Not Disturb” yang diaktifkan, sehingga dapat membantu memastikan bahwa pesan akan terlihat.

Fitur lain akan memungkinkan pengguna melaporkan keadaan darurat. “Telepon akan menanyakan keadaan darurat seperti apa yang terjadi, seperti apakah itu melibatkan mobil, kapal, pesawat atau kebakaran,” tulis Bloomberg.

Kalian juga dapat mengirim informasi seperti lokasi dan ID Medis, yang dapat atur di aplikasi Health. Kalian mungkin juga dapat memberi tahu kontak darurat pada saat yang sama ketika kalian melaporkan keadaan darurat.

Bloomberg melaporkan bahwa iPhone berikutnya mungkin memiliki perangkat keras yang diperlukan untuk melakukan panggilan satelit. Tetapi sumber lain mengatakan kepada Bloomberg bahwa fitur-fitur baru mungkin belum tersedia sebelum tahun depan.

Fitur satelit baru, jika dirilis, dapat membantu meredakan kekhawatiran tentang layanan darurat pada saat dibutuhkan atau saat kalian jauh dari jaringan seluler. Ada juga kemungkinan fitur tersebut dapat menyediakan cara lain untuk menghubungi layanan darurat jika terjadi pemadaman 911.

Melihat kehebohan yang terjadi di media sosial terkait fitur tersebut, Apple belum mengeluarkan komentar.(*)

 

Related Articles
Tech
Segera Rilis, iPhone 13 Bisa Terkoneksi dengan Satelit?

Tech
Bakal Rilis iPhone 13, Apple Gelar Event 14 September Mendatang

Tech
Siap-Siap, Samsung Bakal Perkenalkan Galaxy S21 Minggu Depan