Tech

Lindungi Remaja, Instagram Wajibkan Pengguna Cantumkan Tanggal Lahir

Jingga Irawan

Posted on August 31st 2021

Credit: Instagram

Pengaruh besar yang ditimbulkan media sosial terhadap anak-anak dan remaja menjadi perhatian banyak pihak. Termasuk pengelola media sosial itu sendiri. Melansir Reuters pada Selasa (31/8), Instagram akan secara bertahap wajibkan pengguna untuk menambahkan tanggal lahir. Langkah ini dilakukan untuk menciptakan fitur keamanan baru bagi anak muda.

Kebijakan tersebut juga termasuk dalam aturan perlindungan privasi remaja yang diperkenalkan awal tahun ini, serta rencana jangka panjang Instagram untuk meluncurkan versi khusus pengguna di bawah usia 13 tahun.

Maret tahun ini, Instagram meluncurkan fitur baru yang mempersulit orang dewasa untuk mengontak remaja melalui aplikasinya. Kemudian pada Juli, perusahaan mengumumkan serangkaian perubahan yang menetapkan pengaturan default, ke kategori akun “private,” bagi pengguna baru di bawah usia 16 tahun.

Instagram juga menggunakan informasi untuk memastikan perusahaan memberikan pengalaman yang tepat untuk kelompok usia yang tepat. Jadi mulai minggu ini, pengguna yang belum mencantumkan ulang tahun akan mulai melihat notifikasi pop-up ketika membuka aplikasi Instagram.

Notifikasi ini akan muncul beberapa kali, tetapi jika terlalu sering menolak, pengguna tak akan lagi dapat menutup pesan dengan mengetuk "tidak sekarang". Sehingga, setiap pengguna di Instagram pada akhirnya akan diminta untuk membagikan tanggal lahir agar terus dapat menggunakan Instagram.

Perusahaan juga akan meminta pengguna untuk membagikan informasi tanggal lahir ketika menemukan unggahan dengan layar peringatan. Peringatan tersebut biasanya menyembunyikan konten yang ditandai sebagai konten sensitif.

Credit: Instagram

Kebijakan ini hanya akan menyasar pengguna yang sebelumnya tak mencantumkan tanggal lahir di aplikasi. Instagram menambahkan bahwa pihaknya menyadari bahwa beberapa pengguna mungkin memasukkan tanggal lahir palsu dan mengatakan sedang mengembangkan teknologi baru untuk mengatasi masalah tersebut.

Instagram telah mengembangkan teknologi Artificial Intelligence (AI) untuk mengidentifikasi akun yang mungkin berbohong. Misalnya, menyimpulkan ulang tahun seseorang berdasarkan komentar yang tersemat di posting-an "Ulang Tahun", di mana usia pengguna dapat ketahuan. (*)

 

Related Articles
Tech
Facebook, WhatsApp, dan Instagram Pulih Setelah Down Enam Jam, Ini Penyebabnya!

Interest
Gen Z Harus Bersiap, Ada Rencana Batas Usia Pengguna Media Sosial 17+

Tech
YouTube Hapus 1 Juta Video Mengandung Informasi Salah tentang Covid-19