Current Issues

5 Hal yang Membuatmu Bisa Terpapar Covid-19 Varian Delta

Dwiwa

Posted on August 30th 2021

 

Pandemi Covid-19 yang kita hadapi saat ini berbeda dengan tahun lalu. Meskipun mungkin rasanya sama, tetapi saat ini kita tengah menghadapi kemunculan virus corona baru varian Delta yang disebut ahli lebih berbahaya.

Varian Delta ini diketahui jauh lebih menular dibanding varian sebelumnya. Ini membuat virus bisa menyebar dengan lebih cepat dan menginfeksi lebih banyak orang. Meskipun sejumlah penelitian mengatakan vaksin masih bisa memberi perlindungan, tetapi para ahli tetap khawatir tentang efikasinya yang mengalami penurunan.

Lalu, hal apa saja yang membuat kita lebih rentan tertular varian Delta? Dilansir dari Eat This, Not That!, berikut lima hal sepele yang bisa membuat varian Delta lebih mudah menginfeksi tubuh kalian.

 

1. Tidak divaksinasi

Meskipun varian Delta lebih menular, tetapi sejumlah penelitian mengungkap jika vaksin masih bisa memberi perlindungan. Direktur Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC) mengatakan jika varian Delta menyebabkan penyakit pernapasan lebih serius dan vaksin adalah perlindungan terbaik melawannya.

“Tolong jangan sepelekan risiko serius dari virus ini. Vaksin adalah senjata terbaik yang kita miliki untuk melawan pandemi ini. Kita terus melihat lebih banyak data tentang keamanan dan efektivitas vaksin yang sudah mendapat izin penggunaan di Amerika Serikat,” ujar Walensky.

Dia menambahkan jika kalian tidak divaksinasi atau berpikir ulang tentang keputusan untuk divaksinasi, atau masih ragu, segera temui dokter pribadi atau sumber terpercaya untuk mendapat informasi yang dibutuhkan mengapa kalian perlu divaksin.

 

2. Memakai masker tidak benar

Hal lain yang bisa membuat kalian lebih rentan terpapar Covid-19 adalah memakai masker tidak benar. Dr Anthony Faucy, kepala penasihat medis Presiden AS menyarankan agar anak-anak memakai masker, begitu juga dengan orang dewasa.

Pakar lain menyarankan masker mana yang lebih baik untuk digunakan. Mereka merekomendasikan masker N95 atau KN95, yang menyaring virus dengan lebih baik. “Pada titik ini, kita harus mengerahkan segala sesuatu yang kita bisa untuk mengendalikan wabah dan salah satunya adalah masker,” ujar ahli virus Michael Osterholm.

Selain memilih jenis terbaik untuk melindungi dari virus, penggunaan masker juga harus dilakukan dengan benar. Pastikan masker pas di wajah dan menutup bagian hidung, mulut hingga ke dagu. Jika ingin menggunakan masker ganda, gunakan masker medis di bagian dalam dan lapisi dengan masker kain di atasnya.

 

3. Ventilasi buruk

Dr Maria Van Kerkhove dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan mengetahui risiko membantu orang mengambil langkah pencegahan untuk menurunkan risiko. Ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk melindungi diri sendiri dan orang lain dari virus SARS-Cov-2, termasuk varian Delta.

“Ini termasuk memastikan kalian memiliki tangan bersih dan memakai masker, pastikan masker menutup hidung dan mulut dan tangan bersih saat memakai dan melepasnya. Selain itu menghindari tempat ramai, menjaga jarak, dan memastikan saat berada di dalam ruangan memiliki ventilasi yang baik,” ujarnya.

Mendapatkan ventilasi yang baik ini bisa dilakukan sederhana. Cukup dengan membuka satu atau dua jendela agar ruangan memiliki aliran udara yang baik. Semua tindakan itu akan membantu mengurangi risiko terpapar dan terinfeksi virus.

 

4. Kalian masih bisa terpapar infeksi terobosan

Kabar buruknya, meskipun sudah divaksinasi kalian masih bisa tertular varian Delta. Namun kabar baiknya, vaksin mengurangi peluang untuk sakit parah dan dirawat di rumah sakit.

Jadi, meskipun kalian sudah divaksin, jika merasakan gejala, baik itu flu biasa atau gejala khas Covid seperti kehilangan indera penciuman, segera lakukan tes. Sebab, penelitian mengungkap jika kalian mendapat infeksi terobosan, varian Delta masih bisa ditularkan ke orang lain. Bisa jadi itu adalah orang yang rentan dan berpotensi mengalami sakit parah.

Ingat juga bahwa vaksin tidak melindungi kalian seratus persen dari virus. Tetap laksanakan protokol kesehatan dengan ketat untuk melindungi diri dan orang lain.

 

5. Berada di kerumunan

Sama seperti varian virus SARS-Cov-2 lainnya, berada di kerumunan juga membuat kalian bisa lebih mudah terpapar varian Delta. Jadi, sebisa mungkin hindari tempat-tempat yang terdapat banyak kerumunan. Jika terpaksa harus datang, selalu terapkan protokol kesehatan ketat dan usahakan tidak berlama-lama di tempat tersebut. (*)

Related Articles
Current Issues
Perketat Prokes, Varian Delta yang Lebih Menular Sudah Menyebar di Indonesia

Current Issues
Ahli: Suntikan Booster untuk Negara Kaya Tidak Akan Mengakhiri Pandemi

Current Issues
Lakukan Hal Ini Saat di Luar Ruangan Agar Tidak Terkena Varian Delta