Entertainment

Banyak Keanehan, Fans Jangan Gampang Percaya Trailer ‘Spider Man: No Way Home’

Jingga Irawan

Posted on August 30th 2021

Credit: Marvel

Marvel Studios punya banyak trik untuk menghindari spoiler. Bagi kalian penggemar Peter Parker, jangan mudah percaya tentang premis utama dari teaser trailer Spider-Man: No Way Home begitu saja.

Dengan durasi tiga menit, teaser trailer yang dirilis pekan lalu tampak lugas, masalah utama pun jelas terungkap. Ini aneh. Pasalnya, teaser trailer biasa dikemas seminim mungkin.

Menyoroti peristiwa pasca Spider-Man: Far From Home, No Way Home membawa kehidupan Peter Parker memburuk, setelah Mysterio (Jake Gyllenhaal) mengungkapkan identitas rahasianya sebagai superhero ramah dan J. Jonah Jameson (J.K. Simmons) mengungkapkannya kepada dunia.

Lebih buruk lagi, penjahat tersebut juga menjebak Spider-Man atas pembunuhannya yang menempatkan temannya, seperti Ned (Jacob Batalon), MJ (Zendaya), dan Bibi May (Marisa Tomei) dalam bahaya, karena mereka juga menjadi subjek pengawasan publik.

Dalam upaya untuk memperbaiki hidupnya, Peter membujuk Doctor Strange (Benedict Cumberbatch) melakukan mantara. Tapi alih-alih menyelesaikan masalah yang menumpuk, mantranya bikin dunia makin tak karuan, bahkan mungkin telah mengekspos Bumi pada ancaman multiverse.

Menurut laporan Screenrant pada Senin (30/8) trailer Spider-Man: No Way Home kemungkinan memiliki beberapa rahasia untuk menghindari tebakan atau spoiler, jadi jangan menganggap kisahnya akan sesuai seperti pada teaser trailer.

Beberapa tahun terakhir, Marvel semakin cerdik dan kreatif dalam memotong adegan trailer, demikian pula untuk Spider-Man. Beberapa bidikan yang digunakan dalam klip promo bahkan tak sesuai dengan film rilisannya, sementara bingkai lainnya diedit untuk menghilangkan karakter atau elemen tertentu, trik yang sama digunakan dalam trailer Avengers: Infinity War.

Misalnya, penampilan Hulk (Mark Ruffalo) yang sepenuhnya berubah ketika kenyataannya Bruce Banner tak dapat membujuk Hulk keluar setelah kekalahannya di tangan Thanos (Josh Brolin). Pengeditan yang disengaja juga membuat tampak seolah-olah Loki akan menjadi pengkhianat lagi. Avengers: Endgame juga menggunakan teknik serupa, dengan trailer-nya menggunakan fake shot Thor (Chris Hemsworth) yang tiba di Wakanda dari pendahulunya untuk menyembunyikan debut Fat Thor.

Sejauh ini saja, banyak orang setuju bahwa Doctor Strange bakal membantu Peter untuk membereskan masalahnya. Namun ada salah satu teori fans yang mengatakan bahwa Doctor Strange sebenarnya adalah Skrull. Karena mantra Strange tampaknya tak sesuai dengan karakter di trailer No Way Home.

Dalam trailer, Wong (Benedict Wong) memperingatkan Strange untuk tak berurusan dengan mantra penghapus memori berbahaya, dan Strange awalnya mengatakan tak akan melakukannya. Tapi kemudian, dia mengedipkan mata pada Peter, dan tetap melakukannya.

Mantranya sembrono, konsep ruang dan waktu jadi kacau, sehingga terlalu aneh bahwa “sosok” Doctor Strange bakal mengambil keputusan semacam itu. Kemudian di trailer, Strange secara mengejutkan bertarung melawan Parker, mendorong wujud astralnya keluar dari wujud fisiknya.

Banyak fans memang percaya Doctor Strange akan menolong Peter, ada pula yang masih yakin Spider-Man versi Andrew Garfield akan muncul. Sementara, sebagian lainnya berteori bahwa Doctor Strange sebenarnya bukan sosok aslinya. Lagi pula, kenapa Strange repot-repot ambil risiko dengan Multiverse hanya untuk menolong Peter? Hmmm, tenang. Semuanya bakal terjawab pada rilis No Way Home 17 Desember mendatang. (*)

 

Related Articles
Entertainment
Poster Baru ‘Spider-Man: No Way Home’ Ungkap 4 Penjahat Masa Lalu, Siapa Saja?

Entertainment
Hidup Peter Parker Makin Berantakan dalam 'Spider-Man: No Way Home'

Entertainment
Tom Holland Menangis Setelah Syuting 'Spider-Man: No Way Home' Berakhir