Esports

Pendaftaran PUBG Mobile PON XX Papua 2021 Dibuka hingga 8 September

Dika Afandi N

Posted on August 30th 2021

PENGURUS Besar Esports Indonesia (PBESI) telah mengumumkan PUBG Mobile masuk sebagai game di cabang olahraga (cabor) Ekshibisi Esports PON XX Papua 2021. Panitia pun sudah membuka pendaftaran untuk tim yang akan ikut dalam kualifikasi. Pendaftarannya dibuka 26 Agustus dan ditutup 8 September 2021.

Para calon peserta bisa melakukan pendaftaran melalui platform resmi milik PBESI, yaitu Garudaku.com. Panitia telah menetapkan sejumlah persyaratan yang harus dipenuhi. Yang pertama usia minimal 13 tahun serta punya bukti domisili sesuai kualifikasi provinsi yang akan diikuti. Bukti itu bisa KTP, KK, kartu pelajar, ataupun kartu identitas anak (KIA). Syarat lainnya, semua anggota tim harus memiliki domisili yang sama.

Cara pendaftarannya tak jauh berbeda dengan game-game lainnya yang dipertandingkan. Kecuali game Lokapala yang tak menggunakan aturan domisili. Sebagaimana diketahui, game yang akan dipertandingkan sebagai cabor ekshibisi esports di PON XX Papua 2021 adalah Mobile Legends: Bang Bang, Free Fire, Pro Evolution Soccer (PES) 2021, dan terakhir PUBG Mobile. Di luar itu ada game lokal Lokapala yang akan menjadi penggembira dengan dijadikan sebagai friendly match.

Para peserta PUBG Mobile akan melewati babak kualifikasi, yang akan dihelat selama 2 hari. Yakni 11-12 September 2021, serentak di 33 provinsi. Tim terbaik yang lolos kualifikasi akan melaju ke ajang Pra-PON yang dijadwalkan bergulir 14-15 September.

Dari babak Pra-PON, akan dipilih 15 tim terbaik untuk melaju ke grand final. Tuan rumah Papua sendiri secara otomatis lolos ke babak grand final. Peraih medali emas, perak, serta perunggu akan diterbangkan ke Papua untuk penyerahan medali.

”Keterlibatan PUBG Mobile dalam perhelatan PON XX Papua 2021 tidak terlepas dari dukungan PBESI dan komunitas PUBG Mobile di Indonesia. Oleh karena itu, kami sangat berterima kasih dan menghargai kesempatan yang diberikan untuk bersama-sama mengukir sejarah baru esports Indonesia,” ujar Country Manager Tencent Games Aswin Atonie.

Aswin menambahkan, menjadi bagian Ekshibisi Esports PON XX Papua 2021 merupakan wujud harapan Tencent untuk memperluas ekosistem PUBG Mobile. Sebab, mereka bisa berkontribusi lebih banyak di scene esports tanah air

"Kemenpora dan KONI sebagai wakil pemerintah mendukung penuh perkembangan esports sebagai produk industri olahraga di Indonesia dan mendukung penuh atlet dan tim esports Indonesia dalam menciptakan prestasi di tingkat internasional dan tentunya mengharumkan nama bangsa," jelas Kepala Biro Perencanaan Kemenpora dan Asdep Industri dan Promosi Olahraga Kemenpora Sri Wahyuni.

Indonesia sendiri saat ini menjadi salah satu pasar game terbesar di kawasan Asia-Pasifik dengan perputaran uang lebih dari Rp 13 triliun. Jumlah gamer-nya pun telah mencapai angka 30 juta yang membuat Indonesia memiliki potensi besar di industri esports.(*)

Related Articles
Esports
Peserta PUBG Mobile Daftar PON XX Papua 2021 Tembus 4.200 Tim

Esports
Eskhibisi Esports PON XX Papua 2021 Resmi Dibuka

Esports
PUBG Mobile dan Lokapala Ikut PON XX Papua 2021