Current Issues

Ini Loh Arti Warna Hasil Skrining Aplikasi Peduli Lindungi Saat Masuk Mal

Dwiwa

Posted on August 29th 2021

Meskipun Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 4 masih diterapkan di sejumlah wilayah, tetapi pemerintah mulai melonggarkan sejumlah aturan. Salah satunya adalah mengizinkan area publik, seperti mal, untuk dibuka secara bertahap.

Namun tentu saja pembukaan ini dibarengi dengan sejumlah protokol kesehatan ketat dan berbagai aturan untuk menekan penyebaran Covid-19. Para pengunjung pun diwajibkan memperlihatkan kartu vaksin atau melakukan scan kode QR dengan aplikasi PeduliLindungi.

Saat fitur Safe Entrance yang ada di aplikasi PeduliLindungi diaktifkan atau ketika melakukan check in dengan pemindaian kode QR, akan ada informasi pengunjung yang muncul. Selain itu, akan ada juga barcode yang ditandai dengan warna hijau, oranye, atau merah.

Masing-masing dari warna ini memiliki arti tersendiri. Dilansir dari covid19.go.id, warna hijau berarti kalian diperbolehkan untuk melanjutkan aktivitas di ruang publik. Jika yang muncul adalah warna oranye, kalian masih diizinkan masuk tetapi dengan menyesuaikan kebijakan pengelola tempat yang dikunjungi.

Sementara jika mendapatkan barcode berwarna merah, tandanya kalian tidak diizinkan untuk masuk ke area publik. Selain itu, kalian juga sangat disarankan untuk segera mendapatkan vaksinasi.

Tentu saja selain harus menggunakan aplikasi PeduliLindungi, hal lain yang tidak boleh diabaikan saat berada di ruang publik adalah menerapkan protokol kesehatan ketat. Selalu gunakan masker yang pas dan berkualitas, jauhi kerumunan, rajin cuci tangan dengan sabun atau hand sanitizer dan kurangi mobilitas. (*)

 

Related Articles
Current Issues
Meski PPKM Diperpanjang, Aturan di Mal Sudah Makin Dilonggarkan

Current Issues
Eropa Kembali Alami Lonjakan Kasus Covid-19, Indonesia Tak Boleh Lengah

Current Issues
RI Disebut Tak Lagi di Kondisi Kedaruratan Covid-19, Sudah Masuk Endemi?