Tech

Fitur Scan Snapchat Di-Upgrade, Bisa Identifikasi Outfit dan Tempat Membelinya

Jingga Irawan

Posted on August 27th 2021

Credit: Snap

Snapchat selalu punya cara untuk tambah fitur keren. Fitur Scan milik Snapchat baru saja di-upgrade dan diletakkan di depan-tengah titik kamera aplikasi. Kini, Scan menyediakan lebih banyak cara untuk mengidentifikasi benda di sekitar, mulai dari pakaian, ras anjing, tanaman, mobil, makanan dan benda lainnya, bahkan langit.

Credit: The Verge

“Pembaruan ini menghadirkan tombol Scan di depan-tengah kamera utama, membuatnya lebih mudah dari sebelumnya untuk menemukan pengalaman yang menyenangkan dan bermanfaat dalam kategori termasuk mode, makanan, tanaman, dan banyak lagi,” ungkap pengumuman perusahaan.

 

Seperti kebanyakan platform media sosial, Snapchat perlahan-lahan menjelma menjadi eCommerce, dan memfasilitasi lebih banyak opsi pembelian langsung di aplikasi. Snap telah menjadikan AR sebagai fokus dalam hal ini, dengan alat Try-On canggih dan opsi ukuran digital. Snapchat juga ingin mengintegrasikan lebih banyak opsi pakaian digital, seperti produk untuk karakter Bitmoji.

Selain itu, pengguna Snap juga dapat menggunakan Scan untuk berbelanja melalui gambar yang telah diambil sebelumnya, bukan hanya gambar baru yang diambil dalam aplikasi. Elemen belanja Scan yang baru diluncurkan secara bertahap di iOS dan Android mulai Kamis (26/8).

“Orang-orang suka mengambil tangkapan layar dari hal-hal yang mereka lihat online dan kembali lagi nanti, dan dengan Scan, kami membuatnya lebih mudah dari sebelumnya. Cukup ketuk tangkapan layar dan gunakan teknologi Scan untuk menemukan dan membeli pakaian tersebut dengan kemampuan berbelanja melalui Memories,” kata perusahaan.

Snapchat pertama kali menambahkan opsi Scan dua tahun lalu, menyediakan cara lain bagi pengguna Snap untuk mengumpulkan informasi melalui aplikasi. Meskipun belum menjadi elemen penting, Snap terus menambahkan lebih banyak fungsi fiturnya dari waktu ke waktu.

Credit: The Verge

Dan akhirnya, Snapchat juga meluncurkan fitur Camera Shortcuts baru untuk semua pengguna. Camera Shortcuts mampu menyarankan mode kamera, lens, dan soundtrack yang relevan dengan apa yang dilihat melalui Snapchat Camera. Fitur ini akan mulai diluncurkan ke 100 persen pengguna iOS secara global.

Dengan adopsi pemindaian kode QR yang lebih luas sebagai tindakan pelacakan untuk membantu mengurangi penyebaran Covid-19, Snap merasa sekarang adalah waktu yang tepat untuk mendorong lebih besar dalam memfasilitasi koneksi perangkat dengan kemampuan serupa. (*)

 

Artikel Terkait
Tech
Pengguna Keluhkan Fitur Fleets di Twitter

Interest
Instagram Siapkan Fitur Baru ala Snapchat

Tech
Twitter Upgrade Fitur Teks Alt, Bikin Deskripsi Gambar Lebih Mudah Diakses