Entertainment

Lorde Stop Pakai Media Sosial dan Google Karena Ingin Lepas dari Layar Gawai

Langkah yang berani banget.

Kezia Kevina Harmoko

Posted on August 26th 2021

(Foto: Arturo Holmes/Getty)

Sudah cukup banyak figur publik yang memutuskan untuk menjauhi media sosial demi tetap waras, termasuk Lorde. Baru-baru ini, penyanyi tersebut mengungkapkan bagaimana ia berhenti menggunakan media sosial dan mengurangi penggunaan gawainya.

Penyanyi asal New Zealand itu membeberkan alasannya nggak menggunakan media sosial dalam acara The Late Late Show With James Corden. Saat itu James bertanya mengapa ia berani berhenti dari medsos, apakah prosesnya sulit, dan apa yang ia lakukan sebagai alternatif.

“Aku melakukannya karena kupikir otakku nggak bekerja dengan baik lagi,” ujar penyanyi kelahiran 24 tahun lalu itu. “Itu sulit banget, hal paling susah yang pernah kulakukan, dan masih sulit setiap harinya. Rasanya seperti berhenti mengonsumsi gula bagiku, aku makan banyak gula dan kalau enggak aku merasa gila,” lanjutnya.

Pas awal-awal gak memakai media sosial, Lorde merasa aneh karena nggak terhubung dengan dunia. Sang asisten yang memegang semua kata sandi akunnya. Namun, kini pelantun Mood Ring itu sudah lebih terbiasa. “Kurasa otak akan membuat segala hal menjadi hubungan sosial. Aku menjauhi Twitter. Aku stop memakai Instagram. Aku gak menggunakan Facebook. Aku memblokir YouTube, itu langkah besar sih, kurasa itu termasuk jejaring sosial,” ungkapnya.

Uniknya, Lorde punya alternatif media sosial yang bisa dibilang lebih sehat yaitu… aplikasi memasak New York Times. Di sana ia bisa melihat resep masakan dan kadang-kadang memantau komentar. Dari situ ia bisa tahu apa yang terjadi dengan orang lain. Selain aplikasi memasak, ia juga suka membuka aplikasi peta untuk mengetahui berbagai tempat. Unik banget kan?

Selain menjauhi semua media sosial, pelantun Solar Power ini bahkan memblokir mesin pencarian Google dari ponselnya! “Ini level baru kegilaan. Aku nggak bisa buka Google di ponselku. Gak bisa buka Safari atau sejenisnya. Aku cukup menyukainya. Kamu sebenarnya gak perlu mencari banyak hal sebanyak yang kamu kira—lakukan di komputer aja!” katanya.

Selain menjauhi media sosial, Lorde juga menghindari membaca artikel dan cerita tentangnya. Wah, keren banget ya bisa menahan rasa penasaran?

Di luar itu, Lorde telah meluncurkan album bertajuk Solar Power pada Jumat (20/8) lalu. Nah, kamu mau ikut menjauhi media sosial seperti Lorde juga nggak nih?

Tonton wawancara James Corden dengan Lorde di bawah ini. (*)

 

Artikel Terkait
Entertainment
Lorde Sebut Ia Nggak Cocok Hidup di Dunia Bintang Pop, Suka Hibernasi

Entertainment
Lorde Rilis Album Baru ‘Solar Power’, Album Chill Hasil Hiatus Tiga Tahun

Entertainment
Lorde Ungkap ‘Solar Power’ Jadi Kali Pertama Kontribusinya Benar-Benar Dihargai