Tech

Tak Sekadar Mengambil Gambar, Ini 5 Fungsi Lain Kamera Ponsel yang Wajib Tahu

Dwiwa

Posted on August 25th 2021

Apa yang biasanya kalian lakukan dengan kamera ponsel? Sebagian besar dari kita tentu menggunakan fitur ini untuk mengabadikan berbagai memori penting atau pemandangan indah saat pergi berlibur.

Tetapi sebenarnya, kamera smartphone memiliki fungsi lain yang membuat kehidupan kita jadi lebih mudah. Penasaran apa saja yang bisa dilakukan oleh kamera ponsel? Dilansir dari Popular Science, berikut 5 fungsi lain kamera ponsel yang perlu kalian tahu.

 

1. Menerjemahkan teks asing

Bagi yang tidak mau repot untuk menerjemahkan bahasa asing, kamera ponsel bisa sangat membantu. Cukup pindai dokumen yang ingin diterjemahkan dengan kamera smartphone dan hasil terjemahan akan langsung didapat.

Untuk bisa menggunakannya, kalian bisa memanfaatkan aplikasi Google Translate gratis, baik Android maupun iOS. Setelah download, buka dan pilih bahasa yang dibutuhkan –bahasa yang digunakan untuk menerjemahkan dan yang ingin diterjemahkan. Lokasinya menunya ada di bagian atas layar.

Kalian juga bisa memilih Deteksi Bahasa agar aplikasi memilihkannya. Kemudian ketuk kamera dan tekan Instant (yang memiliki ikon kecil seperti kamera di sebelahnya). Terakhir, arahkan kamera ponsel ke dokumen dan layar akan menampilkan kata-kata yang diterjemahkan. Ada 88 bahasa yang bisa diterjemahkan.

Semenatra bagi pemilik Samsung Galaxy S20 atau yang lebih baru, ada fitur serupa yang disebut Live Translation dengan menggunakan kamera bawaan. Kalian tinggal membuka kamera, pilih mode Otomatis dan ketuk tombol Bixby Vision, yang terlihat seperti mata, dari sisi kiri bawah layar.

Kemudian pilih mode Teks dan arahkan kamera ke dokumen yang ingin diterjemahkan. Ponsel akan secara otomatis mendeteksi bahasa dan menerjemahkannya ke bahasa default ponsel.

 

2. Menjelajahi langit malam

Menikmati pemandangan langit bertabur bintang adalah pengalaman yang menyenangkan, tetapi kamera ponsel bisa membuatnya jadi lebih berkesan. Dengan aplikasi yang tepat, kamera ponsel kalian bisa menjadi pemandu bintang. Arahkan ke langit dan hamparan visual akan memberi tahu obyek apakah yang kalian lihat.

Kalian bisa menggunakan Star Walk 2 (Android maupun iOS), yang menawarkan desain yang lebih bagus dan lebih banyak fitur dibanding aplikasi serupa. Ini bergantung pada lokasi kalian dan masukan dari giroskop internal ponsel untuk menentukan rasi bintang, satelit yang lewat, dan obyek lain.

Kalian juga bisa menggunakannya untuk membaca kosmos, melihat model konstelasi 3D, dan melihat bagaimana langit malam berubah ketika kalian bergerak maju atau mundur. Aplikasi ini bisa digunakan secara gratis dengan iklan atau membayar USD 3 tanpa iklan.

 

3. Mendigitalkan dokumen kertas

Dengan menggunakan aplikasi khusus, kalian bisa memanfaatkan kamera ponsel untuk membuat dokumen kertas berubah menjadi digital. Ada banyak sekali aplikasi yang tersedia di App Store maupun Google Play Store. Tetapi dua aplikasi yang bisa kalian coba adalah Google Drive dan Dropbox.

Google Drive versi Android bisa melakukan pemindaian dokumen, tetapi tidak untuk iOS. Di Android, ketuk ikon plus dan pilih pindai. Sebagai bonus, aplikasi juga menawarkan pengenalan karakter optik otomatis.

Dropbox versi gratis juga menyertakan fitur pemindaian dokumen terintegrasi dengan menggunakan kamera ponsel. Dari halaman depan aplikasi ketuk ikun plus di atas Create, kemudian Pindai dokumen. Jika bersedia membayar, kalian juga bisa menggunakan pengenalan karakter optik otomatis dan kemampuan pencarian dokumen.

 

4. Mencari informasi

Dengan sedikit bantuan dari teknologi Google Lens yang terpasang di Google Photo untuk Android dan iOS, kalian bisa mengambil gambar apa pun dan mendapatkan informasi tentang obyek tersebut.

Untuk menggunakan trik ini, gunakan Google Photo untuk membuka gambar apa pun, lalu ketuk Google Lens, yang terlihat seperti bentuk kamera yang disederhanakan di bagian bawah layar. Perangkat lunak akan mengenali obyek pada gambar, entah itu landmark bersejarah atau sebuah bunga, dan menyediakan informasi tentangnya.

Jika memiliki ponsel Google Pixel, kalian juga bsia mengakses Lens melalui Google Assistant. Ketuk tombol Asisten di ujung kanan bilah pencarian Google, lalu ketuk tombol Google Lens di kana bawah dan arahkan kamera ke target. Ketuk layar untuk mengonfirmasi bahwa item dalam gambar adalah item yang ingin kalian ketahui, dan informasi akan muncul di layar.

 

5. Mengakses situs web

Kalian pasti sudah tidak asing dengan kode QR, sebuah kotak yang diisi mosaik ubin hitam dan putih yang tampak acak – akan memberi kalian jalan pintas untuk membuka situs web. Saat ini sudah banyak tempat yang memanfaatkan kode QR, misalnya pada menu, paket, poster, brosur, alat tulis, dan lainnya. Dengan memindai kode tersebut, kalian akan di arahkan ke situs web yang berisi informasi lebih lanjut.

Baik pengguna iPhone maupun Android bisa membuka aplikasi kamera bawaan dan mengarahkan gawai ke kode QR dan lihat notifikasi yang muncul. Ketuk untuk membaca lebih lanjut, termasuk URL tersembunyi.

Nah, itu tadi lima manfaat lain kamera ponsel yang bisa memudahkan hidup. Kalian sudah pernah mencoba yang mana nih?

Artikel Terkait
Tech
Apakah HP Android Butuh Aplikasi Antivirus?

Tech
Google Pixel Bisa Rekam & Upload Video Otomatis dalam Keadaan Darurat

Tech
Beta Version Android 11 Diluncurkan 3 Juni 2020, Ini Fitur Terbarunya