Esports

PUBG Mobile dan Lokapala Ikut PON XX Papua 2021

Dika Afandi N

Posted on August 24th 2021

 

 

Pengurus Besar esports Indonesia (PBeSI) menambahkan game yang akan dipertandingkan di Ekshibisi Esports PON XX Papua 2021. Game baru itu PUBG Mobile. Game besutan PUBG Corporation itu menamani Free Fire, Mobile Legends, dan eFootball PES 2021 yang lebih dulu dipertandingkan di PON XX Papua 2021.

PUBG Mobile saat ini termasuk game battle royale paling populer di dunia. Game ini juga memiliki komunitas begitu besar di tanah air. Aswin Atonie, perwakilan PUBG Mobile Indonesia, mengungkapkan  keikutsertaan di PON XX Papua 2021 sangatlah penting. Sebab, banyak atlet-atlet muda yang harus dibina agar bisa mengharumkan nama Indonesia nantinya.

Yang tak menggembirakan, PBeSI juga akhirnya mengakomodir game lokal, Lokapala untuk ditampilkan di PON XX Papua 2021. Game ber-genre Multiplayer Online Battle Arena (MOBA) itu akan hadir sebagai friendly match. Bukan sebagai bagian dari pertandingan Ekshibisi Esports PON XX Papua 2021 seperti halnya Mobile Legends: Bang Bang, Fire Fire, eFootball PES 2021, dan PUBG Mobile.

Meskipun menjadi friendly match, namun panitia tetap menghadirkan hadiah total senilai Rp 200 juta. "Tim Lokapala menandatangani surat persetujuan untuk menyelenggarakan pertandingan persahabatan game Lokapala dalam Ekshibisi Esports PON XX Papua 2021," ujar Ketua Harian PBESI Komisaris Jenderal Pol Bambang Sunarwibowo. Pernyataan itu diungkapkan dalam konferensi pers virtual, Selasa (24/8) sore.

Pertandingan persahabatan game Lokapala akan menggunakan format turnamen nasional. Registrasi babak kualifikasi pertandingan persahabatan Lokapala sendiri telah dibuka sejak 22 Agustus 2021 lalu di platform Garudaku.com. Sedangkan pertandingannya sendiri di PON XX Papua 2021 akan bergulir mulai 6-7 September.

Terkait pendaftaran, Lokapala tak memasukkan khusus seperti game lainnya. Para pendaftar tidak diwajibkan memiliki domisili yang sama sesuai di KTP. Aturan itu tidak diberlakukan karena Lokapala juga termasuk game baru. Umurnya belum setahun. Khawatirnya, para pesertanya belum menyebar seluruh Indonesia.

Lokapala merupakan game besutan Anantarupa Studios. Beragam konten seperti karakter, skin, dan event banyak terinspirasi dari budaya lokal asli Indonesia. Tak hanya sekedar bermain, semangat game Lokapala selama ini juga bisa menjadi edukasi budaya Indonesia.

CEO PT Melon Indonesia, Dedi Suherman mengaku senang dengan dihadirkannya game Lokapala di PON XX Papua 2021. Klaim Dedi, game-nya memiliki komunitas cukup besar. Selain itu, dengan diterimanya Lokapala di PON XX Papua 2021, hal tersebut bisa menjadi ikon untuk game buatan Indonesia.

Hadirnya esports sebagai cabor ekshibisi PON XX Papua 2021 itu merupakan sebuah sejarah baru. Ini adalah pertama kalinya esports dipertandingkan sebagai cabang olahraga di PON. Meskipun masih sebatas ekshibisi.(*)

Related Articles
Esports
Peserta PUBG Mobile Daftar PON XX Papua 2021 Tembus 4.200 Tim

Esports
Tiga Game Resmi Dipertandingkan di Eksibisi PON XX Papua

Esports
Eskhibisi Esports PON XX Papua 2021 Resmi Dibuka