Current Issues

Kasus Turun Drastis, Pemerintah Mulai Perlonggar Pembatasan Covid-19

Dwiwa

Posted on August 24th 2021

Ada kabar gembira terkait Covid-19 di Indonesia. Setelah jumlah kasusnya sempat menyentuh 50 ribuan dalam sehari pada pertengahan Juni lalu, kini angkanya telah turun drastis. Hal ini pun membuat pemerintah memutuskan untuk melonggarkan pembatasan yang selama ini dilakukan untuk menekan penyebaran virus.

Dilansir Reuters, restoran dan tempat ibadah di beberapa wilayah di Indonesia sudah bisa beroperasi dengan kapasitas maksimal 25 persen. Selain itu, pusat perbelanjaan juga bisa dibuka dengan kapasitas 50 persen.

“Sejak 15 Juli, kasusnya turun 78 persen. Tingkat kesembuhannya juga tinggi dibanding kasus baru. Melihat beberapa indikator yang mulai membaik, pemerintah akan mempertimbangkan untuk melakukan penyesuaian bertahap pada beberapa pembatasan,” ujar Presiden Joko Widodo dalam konferensi pers virtual.

Setelah lebih dari dua bulan jumlah kasus Covid-19 selalu di atas 10 ribu, Senin (23/8) angka kenaikan kasus harian hanya 9.604. Tingkat kematian juga menurun hingga di bawah 1.000, pertama kalinya sejak lebih dari sebulan.

Sementara kasus di Jakarta dan sebagian Jawa berhasil diturunkan, varian Delta yang lebih menular terus meningkat di pulau lain. Beberapa di antaranya di Sumatra, Kalimantan, Sulawesi, Maluku, hingga Papua.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan dalam konferensi pers terpisah jika sistem Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PKM) masih akan tetap diberlakukan. Setiap satu atau dua minggu pemerintah akan melakukan evaluasi untuk menyesuaikan tingkat pembatasan yang diberlakukan.

Dalam kesempatan itu, Luhut juga mengungkap jika wilayah aglomerasi Bali, Malang Raya, Solo Raya, serta Yogyakarta masih akan diberlakukan PPKM level 4. Tetapi kemungkinan akan bisa segera dilonggarkan dalam beberapa waktu ke depan.

Sementara wilayah aglomerasi Jabodetabek, Bandung Raya, Semarang Raya, dan Surabaya Raya berhasil turun level dari 4 ke 3. Wakil Gubernur Jakarta bahkan mengatakan jika wilayah tersebut sudah mencapai kekebalan kawanan karena mayoritas penduduk kota telah divaksinasi sepenuhnya. (*)

Artikel Terkait
Current Issues
Diperpanjang Lagi Hingga 23 Agustus, Ini Aturan PPKM Level 4 yang Berlaku

Current Issues
Minggu Ini, Positivity Rate Covid-19 di Indonesia Terendah Sejak Maret 2020

Current Issues
PTM Terbatas di Daerah PPKM Level 1-3 Mulai Digelar, Vaksinasi Remaja Dikebut