Tech

Hilangkan Swipe Up, Instagram Siapkan Fitur Serupa Lewat Stiker

Jingga Irawan

Posted on August 24th 2021

Pengguna Instagram tak akan melihat fitur Swipe-up lagi. Dilansir dari The Verge, Selasa (24/8), Instagram berencana menghentikan fitur yang mempermudah pengguna untuk mengunjungi halaman web eksternal dengan cara mengusap layar ke atas, mulai 30 Agustus mendatang.

Berdasarkan laporan The Verge, alih-alih menyematkan tautan dengan geser ke atas, Instagram mengatakan pengguna dapat menggunakan stiker tautan. Stiker tersebut dapat diketuk dalam Stories, dan bisa membawa pengguna mengunjungi situs web eksternal.

Perusahaan menghentikan Swipe-up dengan tujuan merampingkan pengalaman pembuatan Stories. Serta menawarkan lebih banyak kontrol kreatif, sebab penggunannya dapat memformat tampilan stiker.

Pembaruan ini didasarkan pada uji coba yang dimulai perusahaan pertengahan tahun ini. Pada Juni lalu, Instagram mulai menguji stiker tersebut untuk berbagai pengguna, bukan hanya orang yang sudah memiliki hak Swipe-up. Sebagaimana diketahui, Swipe-up selama ini hanya bisa digunakan oleh pengguna yang telah diverifikasi, atau memiliki setidaknya 10.000 pengikut.

Pada saat pengujian, mantan kepala produk Instagram, Vishal Shah, mengatakan kepada The Verge bahwa stiker lebih cocok dengan gaya pengguna menggunakan platform media sosial saat ini. Ia juga mengatakan bahwa tujuan pergantian ini untuk menyebarkan stiker secara lebih luas.

Selain dari cara penggunaan, perbedaan penting lain antara kedua fitur tersebut adalah penonton/pengguna dapat menanggapi Stories yang memiliki stiker tautan. Sementara dulu, pengguna tak dapat menanggapi Stories dengan Swipe-up, karena tombolnya berada di bagian bawah layar.  

Instagram mengatakan bahwa untuk saat ini, hanya orang yang memiliki hak Swipe-up ke atas yang akan menerima opsi stiker. Instagram masih akan mengevaluasi fitur ini sebelum akhirnya bisa digunakan untuk semua pengguna.(*)

Related Articles
Tech
Tiongkok Perintahkan Perusahaan Teknologi Agar Tidak Saling Blokir Tautan

Tech
Twitter Kenalkan Fitur Pelaporan Baru Terkait Misinformasi Covid-19 dan Pemilu

Tech
WhatsApp Siapkan Fitur Transkrip, Bisa Ubah Voice Note Jadi Teks