Interest

Yuk Kenalan dengan Sirkuit Mandalika, Salah Satu Lintasan Balap WSBK 2021

Dwiwa

Posted on August 22nd 2021

 
(Shutterstock/Sanata via kemenparekraf.go.id)

Indonesia punya satu lagi nih lintasan balap berstandar internasional untuk dibanggakan. Namanya adalah Sirkuit Internasional Mandalika yang terletak di Nusa Tenggara Barat (NTB). Sirkuit ini baru saja merampungkan lintasan utamanya pada 15 Agustus 2021 lalu dan siap untuk menjadi salah satu lintasan dalam ajang World Superbike 2021.

Selain memiliki standar internasional, sirkuit yang mulai dibangun pada 2019 ini juga memiliki sejumlah keunikan tersendiri. Dilansir dari Antara, berikut fakta-fakta menarik Sirkuit Mandalika yang perlu kalian tahu.

 

1. Daya tarik unik

Mandalika merupakan salah satu daerah di Pulau Lombok, NTB, yang memiliki pemandangan alam yang sangat indah. Di wilayah ini, orang akan dimanjakan dengan panorama perbukitan serta laut pesisir selatan Pulau Lombok. Tidak hanya itu saja, Mandalika juga masuk ke dalam Kawasan Ekonomi Khusus sehingga memiliki banyak fasilitas bernilai lebih.

 

2. Kapasitas besar

Fakta berikutnya dari Sirkuit Mandalika adalah mampu menampung banyak penonton sekaligus. Untuk tribun berdiri bisa diisi sampai 138 ribu orang. Sementara tempat duduk tribun utama 50 ribu kursi dan hospitality suites 7.700 penonton. Sedangkan pit building dari sirkuit internasional ini memiliki 50 garasi. Fasilitas di sirkuit ini juga bisa dibongkar jika tidak ada kejuaraan.

 

3. Pembangunan lintasan sirkuit tercepat

Street Circuit The Mandalika ini memiliki lintasan sepanjang 4,31 kilometer dengan 17 tikungan. Lintasan tersebut berhasil diselesaikan dalam waktu satu tahun satu bulan, yakni mulai 15 Juni 2020 sampai 15 Agustus 2021.

Secara keseluruhan pembangunan sirkuit ini sudah mencapai 92 persen. Targetnya, seluruh pembangunan akan tuntas pada 12 September 2021 mendatang.

 

4. Lintasan menggunakan salah satu aspal terbaik di dunia

Keunggulan dari lintasan sirkuit di Mandalika adalah menggunakan aspal khusus yang membuat lintasan tidak mudah licin ketika hujan. Aspal yang digunakan merupakan jenis terbaru Stone Mastic Asphalt (SMA) keluaran 2015. Selain itu, lintasan juga bisa beralih fungsi sebagai jalan raya biasa ketika tidak ada kejuaraan.

 

5. Penilaian homologasi virtual pertama

Setiap sirkuit yang akan menggelar balapan harus dinyatakan lolos melewati proses homologasi. Ini merupakan penilaian dari semua aspek balap terhadap standar yang sudah ditentukan agar bisa memperoleh izin atau lisensi. Dan sirkuit Mandalika ini menjadi yang pertama homologasinya dinilai secara virtual.

 

6. Masuk dalam kalender World Superbike 2021 dan MotoGP 2022

Pembangunan Sirkuit Mandalika sendiri sebenarnya dikebut demi gelaran MotoGP 2021. Sayangnya, karena pandemi Covid-19 ajang tersebut diundur menjadi 2022.

Selain menjadi salah satu lintasan yang digunakan di MotoGP 2022, sirkuit ini juga masuk dalam kalender Superbike World  Championship (WSBK) 2021.  Ajang ini akan diselenggarakan pada 12-14 November 2021.(*)

Related Articles
Interest
Dibatasi, Kapasitas Penonton World Superbike di Mandalika Hanya 25.000 Orang

Interest
Mengenal Durian Gundul yang Kini Bisa Berbuah di Indonesia, Rasanya Gimana ya?

Current Issues
Kasus Kematian Covid-19 Pada Anak di Indonesia Tinggi, Apa Sebabnya?