Lifestyle

5 Tips untuk Lebih Fokus dan Gak Gampang Terdistraksi Selama Pandemi

Buat kamu yang susah konsentrasi.

Kezia Kevina Harmoko

Posted on August 22nd 2021

(Ilustrasi: vectorjuice/Freepik)

Fokus jadi hal yang mungkin susah banget dilakukan selama pandemi. Hampir semua hal dilakukan di rumah, jadi sulit mengumpulkan konsentrasi untuk satu pekerjaan aja. Nah, buat kamu yang struggling buat memfokuskan pikiran, nih simak beberapa tips yang bisa dilakukan.

1. Pisahkan tempat produktif dan beristirahat

Mentang-mentang sekolah atau kuliah online, rasanya semua bisa dilakukan di kasur kita tercinta. Eits, sebenarnya ini nggak sehat lho. Dilansir dari Psych2Go, ini bikin otak kita bingung kapan waktunya full force dan kapan harus istirahat.

Nah, lebih baik pilih spot khusus buat kegiatan produktif seperti belajar, mengerjakan tugas, atau mantengin Zoom. Kasur cukup jadi tempat istirahat aja. Dengan membedakan dua tempat tersebut, otak kita jadi tahu deh kapan waktunya produktif dan istirahat. Lebih mudah fokus, lebih mudah tidur juga.

2. Kenali waktu produktifmu

Tiap orang punya jam produktif yang berbeda. Ada yang suka belajar subuh, habis makan siang, habis mandi, dan lain-lain. Nah, temukan kapan waktu yang paling pas buat kalian. Jadwalkan tugas-tugas penting di waktu tersebut. Biar bisa mengatur waktu dengan efektif, cek teknik block scheduling yang juga dilakukan Bill Gates.

3. Jangan multitasking

Kadang saking banyaknya yang harus dilakukan, kita melakukannya di satu waktu. Rapat iya, mengerjakan tugas iya, memimpin kelompok juga iya. Sebenarnya otak kita nggak bisa mengerjakan banyak hal dalam satu waktu. Pas multitasking, sebenarnya yang kita lakukan itu memaksa otak berpindah-pindah pekerjaan dalam waktu singkat.

Latih otak biar fokus ke satu hal. Mengerjakan satu hal secara full force akan menyelesaikan tugas lebih cepat daripada mengerjakan beberapa di satu waktu. Kalau merasa jenuh, jangan dipaksakan. Kamu bisa coba teknik pomodoro, istirahat 5 menit setiap sudah produktif selama 25 menit.

4. Bersihkan spot profuktif

Setelah memilih tempat buat produktif seperti di poin pertama, ingat buat rutin merapikan tempat tersebut biar mood belajar tetap terjaga. Dilansir dari Psychology Today, selain membersihkan dari barang-barang, hal-hal yang menggoda juga harus disingkirkan.

Misalnya camilan atau Nintendo Switch. Letakkan barang-barang yang menggoda di tempat lain. Kalau mau istirahat sebentar (misal pas menjalankan teknik pomodoro), bisa tuh makan atau main sejenak asal nggak melebihi waktu yang ditentukan.

5. Istirahat dari teknologi

Selama belajar daring memang hampir nggak bisa menghindari dari gawai, tapi istirahat dari teknologi itu penting banget lho. Istirahat dari teknologi bisa memberikan pikiran kita istirahat sejenak. Apalagi kalau teknologi biasanya melibatkan media sosial yang gak jarang bikin kita merasa insecure.

Nah, itu dia sederet tips buat meningkatkan fokus kita dalam menyelesaikan suatu hal. Tetap semangat dan jangan lupa istirahat~

Artikel Terkait
Lifestyle
7 Tips Membajak Otak Kita Biar Belajar Makin Efektif dan Gak Lupa Begitu Aja

Lifestyle
Feynman Technique, Teknik Belajar biar Bisa Paham Materi dengan Simpel

Lifestyle
4 Cara Menghentikan Sabotase Diri Digital biar Lebih Fokus dan Produktif