Lifestyle

Sering Merasa Lapar? Mungkin Hal Ini Sedang Terjadi Pada Tubuhmu

Dwiwa

Posted on August 20th 2021

 

Rasa lapar sebenarnya adalah hal yang normal. Itu merupakan pertanda alami jika tubuh kita membutuhka lebih banyak makanan. Saat lapar, perut kita mungkin berbunyi dan merasa kosong, atau mungkin kita merasa pening, mood buruk, bahkan kesulitan konsentrasi.

Pada sebagian besar orang, rasa lapar ini akan muncul beberapa jam setelah makan. Tetapi ada sebagian lain yang mengalami rasa lapar berlebih. Lalu, apa sih yang sebenarnya terjadi jika kita sering merasa lapar?

Dilansir dari Healthline, berikut 7 alasan yang mungkin menjadi penyebab mengapa kita sering merasa lapar.

 

1. Kurang protein

Mengonsumsi protein yang cukup penting untuk menjaga nafsu makan. Protein memiliki kemampuan yang dapat mengurangi rasa lapar sehingga membantu dalam mengurangi asupan kalori.

Cara kerjanya adalah dengan meningkatkan produksi hormon penanda kenyang dan menurunkan level hormon yang memicu rasa lapar. Berdasarkan efek ini, kalian mungkin akan lebih merasa lapar jika tidak cukup asupan protein.

Ada banyak sekali jenis makanan yang memiliki kadar protein tinggi. Jadi sebenarnya bukan hal yang sulit untuk bisa mencukupi asupan protein yang dapat mencegah lapar berlebih. Makanan yang mengandung tinggi protein ini biasanya merupakan hasil produk hewani seperti daging, telur, hingga susu.

 

2. Kurang tidur

Sering begadang dan kurang tidur? Ini bisa menjadi alasan lain mengapa kalian jadi sering merasa lapar. Tidur sangat dibutuhkan untuk membuat sistem imun dan otak bekerja dengan baik. Tidur yang cukup juga telah dikaitkan dengan risiko penyakit kronis parah yang lebih rendah, termasuk penyakit jantung dan kanker.

Tidur cukup juga menjadi bagian dari pengatur nafsu makan loh. Ini membantu mengatur ghrelin, hormon yang mengatur rasa lapar. Kurang tidur memicu tingkat ghrelin tinggi. Tidak heran jika saat kurang tidur, kalian cenderung lebih mudah lapar.

 

3. Kurang minum

Hidrasi yang cukup sangat penting bagi kesehatan tubuh. Minum air yang cukup punya banyak keuntungan bagi kesehatan. Ini termasuk mendukung kesehatan otak dan jantung dan mengoptimalkan performa latihan. Dan air juga membuat sistem pencernaan dan kulit sehat. Air juga berpotensi menurunkan nafsu makan ketika dimimum sebelum makan.

Fungsi air ini menjaga kita tetap kenyang. Jadi ketika kalian kurang minum, mungkin akan merasa lebih sering lapar. Rasa haus mungkin disalahartikan sebagai lapar. Jadi jika selalu merasa lapar, cobalah untuk minum satu atau dua gelas air untuk mengetahui apakah itu memang lapar atau hanya haus.

 

4. Kurang serat

Jika asupan makanan yang masuk ke tubuh kurang serat, kalian mungkin akan merasa lebih cepat lapar. Mengonsumi makanan tinggi serat membantu menjaga rasa lapar. Makanan tinggi serat membuat perut dikosongkan dalam waktu lebih lama. Serat juga dicerna lebih pelan.

Asupan tinggi serat juga memengaruhi pelepasan hormon penurun nafsu makan dan memproduksi asam lemak rantai pendek, yang telah terbukti memiliki efek meningkatkan rasa kenyang. Jenis serat sendiri ada banyak, tetapi sejumlah penelitian menemukan jika serat larut atau serat yang larut dalam air lebih mengenyangkan.

 

5. Terganggu saat makan

Kehidupan yang sibuk sering membuat kita tidak bisa makan dengan tenang. Meskipun dapat menghemat waktu, makan yang terganggu bisa merusak kesehatan loh. Ini terkait dengan nafsu makan yang lebih besar, peningkatan asupan kalori, dan penambahan berat badan.

Hal ini dikarenakan saat makan terganggu, kesadaran soal berapa banyak yang dikonsumsi akan berkurang. Ini membuat kalian jadi sulit mengenali sinyal kenyang yang diberikan tubuh. Studi juga menunjukkan jika orang yang mengalami gangguan saat makan lebih lapar dibanding yang tidak.

 

6. Terlalu banyak olahraga

Sering berolahraga tentu membakar banyak kalori. Ini terutama jika kalian mengikuti latihan intensitas tinggi atau terlibat dalam aktivitas fisik untuk jangka waktu lama, seperti dalam latihan maraton.

Studi menunjukkan jika orang yang berolahraga keras secara teratur cenderung memiliki metabolisme lebih cepat, yang berarti mereka membakar kalori lebih banyak saat istirahat dibanding yang berolahraga sedang atau hidup yang kurang aktivitas fisik.

 

7. Terlalu stres

Stres berlebihan diketahui dapat meningkatkan nafsu makan. Ini sebagian karena efeknya meningkatkan kadar kortisol, hormon yang telah terbukti meningkatkan rasa lapar dan menginginkan makanan. Itulah mengapa jika sering stres mungkin akan membuat kalian sering merasa lapar.

 

Nah, kalau kalian sering lapar karena alasan yang mana nih guys? (*)

Related Articles
Interest
Sepele Sih, Tapi 7 Hal Ini Bisa Bikin Sistem Kekebalan Tubuh Menurun

Interest
Lagi Stres? 7 Makanan Ini Harus Kalian Hindari

Lifestyle
Sering Merasa Sakit Kepala? Coba Lakukan Ini Dulu Sebelum Minum Obat