Tech

Elon Musk Ungkap Tesla Sedang Mengerjakan Robot Humanoid

Jingga Irawan

Posted on August 20th 2021

Credit: Tesla

Perjalanan Tesla selalu dipenuhi dengan ide-ide fantastis. Yang terbaru, CEO Tesla Elon Musk mengatakan perusahaannya sedang mengerjakan robot humanoid, yang disebut Tesla Bot. Perusahaan itu akan membangun prototipe sekitar tahun depan.

Berita tersebut diumumkan pada acara Tesla AI Day, yang disiarkan di situs web perusahaan Kamis (19/8) malam. Menurut Tesla, robot ini dirancang untuk pekerjaan berbahaya, berulang, atau membosankan yang tak disukai orang.

"Pada dasarnya, jika kalian berpikir tentang apa yang kami lakukan saat ini dengan mobil, Tesla bisa dibilang sebagai perusahaan robotik terbesar di dunia karena mobil kami seperti robot setengah sadar di atas roda," kata Elon Musk.

"Dengan komputer Full Self-Driving, yang akan terus berkembang, dan Dojo serta semua jaringan saraf mengenali dunia, memahami cara menavigasi dunia, masuk akal untuk menerapkannya ke bentuk humanoid."

Menariknya, Musk membayangkan peran Tesla Bot sebagai pengganti banyak pekerjaan manusia yang saat ini menyita begitu banyak waktu. Bukan hanya pekerjaan berat, tetapi kegiatan seperti berbelanja bahan makanan dan tugas sehari-hari lain. Musk berbicara tentang pekerjaan fisik akan menjadi pilihan di masa depan, yang mungkin sangat berarti bagi perekonomian.

Tesla Bot dirancang dengan memiliki gaya berjalan 5 mil, tinggi 5’8” (172 centimeter), berat 125 pon (57 kilogram), dan punya layar yang terletak di wajah. Nama kode untuk bot di dalam perusahaan adalah "Optimus".

Robot humanoid tersebut memanfaatkan pengalaman Tesla dengan mesin otomatis di pabriknya. Serta beberapa perangkat keras dan perangkat lunak yang mendukung perangkat lunak bantuan pengemudi autopilot perusahaan.

Namun, perlu dicatat bahwa perjalanan Tesla juga dipenuhi oleh program yang tak berhasil. Seperti jaringan Supercharger bertenaga surya, pertukaran baterai, atau pengisi daya robot bergaya ular. Jadi, tak ada yang bisa menebak apakah Tesla Bot benar-benar menjadi kenyataan.(*)

Related Articles
Tech
Karet Sudah Kuno, Tesla Bakal Pakai Sinar Laser untuk Wiper Kaca Depan

Tech
India Imbau Warganya untuk Tak Pesan Starlink Sampai Dapat Lisensi

Tech
Kenalkan, Ini Grace, Robot Perawat yang Lahir Saat Pandemi Covid-19