Tech

Bos Twitter Jack Dorsey Mengaku sedang Mencoba Menambang Bitcoin

Jingga Irawan

Posted on August 19th 2021


Credit: Parkash Singh, AFP via Getty Images

Bukan rahasia lagi bahwa CEO Twitter dan Square, Jack Dorsey, menyukai Bitcoin. Beberapa kali Jack bahkan melakukan diskusi dengan Elon Musk, CEO Tesla dan SpaceX, terkait masa depan cryptocurrency terbesar berdasarkan nilai pasar tersebut.

Melansir CNBC pada Kamis (19/8), Jack Dorsey mengumumkan bahwa ia juga mencoba menambang Bitcoin (Bitcoin Mining). “Saya mencoba menambang (Bitcoin) dengan @compass_mining,” tweet Jack pada Selasa (17/8).

Compass Mining adalah layanan yang menampung, memasok, dan mengoperasikan rig penambangan cryptocurrency untuk penambang individu yang tak ingin repot tentang pembelian dan pemeliharaan peralatan penambangan.

Bitcoin sendiri beroperasi pada model Proof of Work (PoW), di mana penambang harus bersaing memecahkan teka-teki kompleks untuk memvalidasi transaksi.

Prosesnya tak mudah. Butuh banyak energi dan daya komputer, yang tak sedikit. Komputernya dan peralatan lain juga memiliki harga sangat mahal. Beberapa kritikus bahkan mengatakan proses penambangan berbahaya bagi lingkungan.

Biaya untuk membeli perangkat keras penambangan dari Compass Mining mulai dari USD 8,200 (Rp 118,4 juta). Dengan biaya yang besar tentu penambang akan mendapatkan keuntungan. Menurut situs web perusahaan, secara historis, penambang Compass memperoleh laba sekitar USD 33 (Rp 470 ribu) per hari.

Langkah ini memang tak bisa diterapkan untuk semua orang. Namun menurut CNBC, tentu ada banyak alasan potensial mengapa Jack Dorsey ingin menjelajahi penambangan, meskipun ia belum mengkonfirmasi apa pun.

Melalui penambangan, investor Bitcoin dapat mulai memahami prosesnya secara langsung, lebih dari sekadar membeli koin digital. Lebih-lebih besar kemungkinan untuk mendapatkan lebih banyak keuntungan juga, karena harga Bitcoin waktu sekarang berada di puncak yang lebih tinggi dibandingkan dengan cryptocurrency lainnya.

Jack Dorsey telah berkali-kali mendukung Bitcoin secara berlanjut dan profesional. Selama konferensi “The B-Word,” sebuah acara yang diselenggarakan oleh Crypto Council for Innovation pada bulan Juli, Dorsey menegaskan kembali hasratnya terhadap Bitcoin dan mengatakan bahwa ia berharap cryptocurrency dapat menyatukan dunia.

Sebagai fans berat, Jack juga telah menggembar-gemborkan minatnya dalam Bitcoin sebagai proyek penting dalam hidupnya untuk dikerjakan. Sementara perusahaan pembayaran digital-nya, Square, membeli Bitcoin senilai lebih dari USD 170 juta awal tahun ini.

Dan pada Konferensi Bitcoin 2021 di bulan Juni, Jack Dorsey menjelaskan bahwa dia melihat Bitcoin sebagai cara untuk melindungi dari devaluasi mata uang serta mampu mempercepat transfer dana melintasi batas.(*)

Related Articles
Tech
Kripto Jatuh, Elon Musk Nge-Tweet Emoji Tangan Berlian. Apa Maksudnya?

Tech
Ikut Aturan Pemerintah Tiongkok, Alibaba Stop Jual Alat Penambang Crypto

Tech
Bos Twitter Lelang Twit Pertamanya Senilai Rp 35 Miliar, Buat Apa Orang Beli?