Interest

Pinterest Tambah Filter Pencarian Gaya Rambut Sesuai Tekstur dan Jenisnya

Jingga Irawan

Posted on August 19th 2021

Credit: Pinterest via The Verge

Pinterest memang jadi rujukan banyak orang untuk cari referensi penampilan. Terutama bagi kalian ciwi-ciwi yang doyan ganti gaya rambut. Nah, untuk memudahkan penggunanya dalam mencari style rambut yang pas, Pinterest meluncurkan opsi filter pencarian baru berdasarkan jenis dan tekstur rambut. Mulai dari keriting, bergelombang, lurus, serta gaya pangkas yang sesuai. 

Melansir The Verge pada Kamis (19/8), opsi filter baru ini bertujuan untuk mempersempit pencarian inspirasi. Jadi, kalian nggak perlu bingung lagi kalau dihadapkan dengan banyak pilihan. Di sisi lain, filter tersebut juga ingin memastikan kalau rekomendasi yang diberikan Pinterest sesuai keinginan pengguna.

Misalnya, kalian lagi searching "potongan rambut pendek lucu" nih, tapi kesulitan menemukan contohnya dalam jenis rambut yang kalian miliki sebenarnya. Well, kalian cukup mengklik filter yang paling sesuai dengan jenis rambut kalian untuk melihat Pin yang lebih cocok.

Filter tersebut dinilai sangat berguna bagi orang kulit berwarna, karena biasanya mereka menyesuaikan  gaya rambut dengan jenis rambut yang dimiliki. Pinterest juga mengatakan filter tersebut dibuat dengan mempertimbangkan orang-orang berkulit hitam, coklat, bahkan Latin.

“Hanya ide sederhana bahwa saya tak perlu bekerja dua kali lebih keras untuk menemukan gaya rambut karena jenis rambut saya berganti-ganti,” kata Naeemah LaFond, penata rambut editorial dan direktur artistik global merek perawatan rambut Amika, yang memberi saran kepada Pinterest selama pengembangan fitur.

Fitur baru ini dibuat setelah filter pencarian warna kulit Pinterest diperkenalkan pada 2018. Untuk membuat filter tersebut, para ahli di Pinterest memulai dengan data dari perpustakaan Artificial Intelligence (AI) ModiFace. Perusahaan menyesuaikan algoritme untuk meningkatkan, misalnya, kemampuan mengkategorikan warna kulit dengan benar.

Sejak saat itu, Pinterest telah melakukan peningkatan pada teknologi internalnya dengan mengatakan bahwa sekarang "tiga kali lebih mungkin untuk mendeteksi beberapa rentang warna kulit di hasil pencarian teratas, dibandingkan dengan teknologi sebelumnya."

Sementara untuk menentukan jenis rambut yang ditampilkan dalam fitur pola rambut, Pinterest menggunakan deteksi objek bertenaga visi komputer.

“Kami membangun pencarian pola rambut dengan AI internal di atas teknologi visi komputer dasar kami yang digunakan dalam pencarian visual dan belanja,” kata juru bicara Pinterest. Dalam hal ini, algoritma perusahaan mampu mendeteksi pola rambut di lebih dari 500 juta gambar di platform.

Pencarian berdasarkan jenis rambut akan diluncurkan di aplikasi desktop, iOS, dan Android selama beberapa minggu mendatang, kata Pinterest. Filter akan tersedia di AS, Kanada, Inggris, Irlandia, Australia, dan Selandia Baru terlebih dahulu, sebelum diperluas ke negara lain dalam beberapa bulan mendatang.(*)

 

Artikel Terkait
Interest
Konten Selebriti di Instagram Bisa Sebabkan Perasaan Negatif Followers-nya

Interest
Inspirasi Tampil Keren dengan Rambut Pendek ala Kristen Stewart

Tech
YouTube Hapus 1 Juta Video Mengandung Informasi Salah tentang Covid-19