Interest

‘Wonderland Indonesia’, Proyek Medley Lagu Daerah yang Bikin Indonesia Bangga!

Karya terbaru YouTuber Alffy Rev nih.

Kezia Kevina Harmoko

Posted on August 18th 2021

(Foto: YouTube Alffy Rev)

Masih dalam nuansa kemerdekaan Indonesia, setiap orang merayakan hari spesial ini dengan berbagai cara yang unik. Termasuk Alffy Rev, seorang YouTuber yang baru saja merilis video musik untuk medley lagu-lagu daerah Indonesia.

Eits, bukan medley biasa. Dinyanyikan oleh jebolan Indonesian Idol 2019, Novia Bachmid, lagu-lagu tradisional tersebut dikemas dengan visual yang keren banget.

Ada sepuluh lagu yang dibawakan yaitu Paris Barantai (Kalimantan), Si Patokaan (Sulawesi Utara), Sajojo (Papua), Janger (Bali), Anak Kambing Saya (NTT), Manuk Dadali (Jawa Barat), Lelo Ledhung (Jawa Tengah), Kampuang nan Jauh di Mato (Sumatera Barat), Soleram (Riau), dan lagu perjuangan Bagimu Negeri.

(Foto: YouTube Alffy Rev)

Sedari awal video, kita disuguhkan visual yang dreamy banget. Pemandangan alam seperti di dunia mimpi dihadirkan dengan narasi yang menggambarkan Indonesia bukan hanya sebagai negeri yang indah, melainkan sebuah wonderland.

Di lagu pertama, sekelompok penari menarikan koreografi khas daerah Kalimantan lengkap dengan property tari bulu burung enggang. Novia sebagai penyanyi utama juga muncul dalam balutan berbagai baju adat, mulai dari daerah Minang, Bali, hingga Sulawesi Utara. Stunning!

Di pertengahan video, diselipkan pula audio pembacaan teks proklamasi oleh Soekarno yang diiringi tabuhan drum dan gitar yang penuh semangat. Setelah itu paduan suara melantunkan Bagimu Negeri dengan khidmat—hingga suasana tiba-tiba berubah ketika Alffy menancapkan bendera merah putih di tanah.

(Foto: YouTube Alffy Rev)

Ini nih yang paling bikin kagum. Animasi makhluk raksasa yang bangkit dari tanah mulai tampak sambil diiringi musik EDM yang pumping. Keren parah!

Persiapan musik untuk proyek medley ini telah disiapkan sejak Desember 2020 lalu lho. Alffy mulai memberi kode-kode proyek ini sepanjang 2021, tapi terus menyebutnya sebagai “proyek rahasia”.

“Kawan, terima kasih atas segala apresiasi. Saatnya saya undur diri sejenak, sungguh tepar banget. Produksi terumit dan tercapek parah sepanjang karier,” ungkap Alffy melalui caption salah satu unggahannya.

Nah, kalian sudah menonton proyek medley satu ini belum? Yuk, tonton! (*)

 

Related Articles
Interest
5 Rekomendasi Film Untuk Bangkitkan Nasionalisme di Hari Kemerdekaan

Tech
Lawan Komentar Toxic, YouTube Lindungi Kreator dengan Fitur Baru Ini

Entertainment
BLACKPINK hingga Billie Eilish Akan Muncul dalam YouTube Original ‘Dear Earth’