Current Issues

Jangan Lupa, Berdiri Tegak 3 Menit Pada 17 Agustus 2021 Pukul 10.17 WIB

Dwiwa

Posted on August 16th 2021

(Twitter Sekretariat Kabinet @setkab.go.id)

Peringatan detik-detik proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia kembali harus dirayakan secara virtual akibat pandemi Covid-19. Tidak seperti sebelum pandemi, upacara akan digelar secara terbatas dengan protokol ketat dan disiarkan secara virtual.

Meskipun tidak bisa mengikuti upara secara langsung, tetapi kita juga masih bisa ikut berpartisipasi dalam peringatan HUT ke-76 RI loh. Caranya adalah dengan menghentikan sejenak aktivitas dan berdiri tegak sempurna pada Selasa (17/8) pukul 10.17.

“Hentikan semua kegiatan dan aktivitas Saudara selama tiga menit saja pada tanggal 17 Agustus (2021) pukul 10 lewat 17 menit Waktu Indonesia Bagian Barat. Ambil sikap sempurna, berdiri tegak, untuk mengkhirmati peringatan detik-detik proklamasi,” ujar Menteri Sekretaris Negara, Pratikno lewat video yang diunggah di kanal YouTube Sekretariat Presiden, Minggu (15/8).

Pratikno menyebut jika pada 17 Agustus esok, Istana akan menggelar Upacara HUT ke-76 RI secara terbatas. Hal ini demi menjaga kesehatan dan keselamatan masyarakat di masa pandemi Covid-19. Masyarakat pun diminta menghentikan aktivitas sejenak selama 3 menit sebagai bentuk penghormatan dan menjaga kekhidmatan peringatan HUT ke-76 RI.

Selain Pratikno, sejumlah atlet peraih medali pada Olimpiade Tokyo 2020 juga ikut mengajak masyarakat untuk ikut terlibat dalam peringatan ini. Ada pasangan ganda putri bulu tangkis peraih medali emas Olimpiade Tokyo Greysia Polii dan Apriyani Rahayu.

Lalu peraih medali perak angkat besi kelas 61 kilogram putra Eko Yuli Irawan. Ada pula tiga atlet peraih medali perunggu yakni Windy Cantika Aisah untuk angkat besi 49 kilogram putri, Rahmat Erwin Abdullah untuk angkat besi 73 kilogram putra, serta AnthonySinisuka Ginting untuk bulu tangkis tunggal putra.

“Ayo ambil sikap sempurna, berdiri tegak pada Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Hari Ulang Tahun ke-76 Republik Indonesia, saat lagu Indonesia Raya berkumandang. Indonesia tangguh, Indonesia tumbuh,” seru para atlet. (*)

Artikel Terkait
Current Issues
Ayo Berdiri Tegak 3 Menit Pukul 10.17 untuk Peringati Detik-Detik Proklamasi

Interest
2.000 Warga Bakal Diundang Istana untuk Hadiri Peringatan HUT Ke-77 RI

Current Issues
Google Doodle Rayakan Kemerdekaan ke-75 RI, Penuh dengan Kearifan Lokal