Interest

Tahun Depan Warna Pelat Nomor Kendaraan Berubah. Ini yang Wajib Diketahui...

Dwiwa

Posted on August 14th 2021

Selama ini pelat kendaraan bermotor milik pribadi memiliki warna dasar hitam dengan tulisan timbul berwarna putih. Tetapi mulai tahun depan, warna dasar pelat kendaraan ini akan berubah menjadi warna dasar putih dengan tulisan hitam.

Dilansir dari Antara, Kasubdit STNK Korlantas Polri Kombes Pol Taslim Chairuddin mengatakan jika perubahan warna pada pelat nomor kendaraan ini akan dilakukan secara bertahap. Hal ini didasarkan pada beberapa pertimbangan, salah satunya anggaran negara untuk pengadaan material pelat nomor kendaraan yang baru.

“Pertimbangan pertama, prinsipnya Korlantas mengikuti prinsip keuangan negara, jadi dianggarkan tahun ini untuk digunakan tahun depan,” kata Taslim. Kemudian pertimbangan kedua, TNKB lama yang masih tersisa juga harus dihabiskan terlebih dahulu.

Alasan ketiga adalah karena TNKB atau nomor pelat kendaraan tersebut memiliki nilai Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) sehingga masyarakat punya kewajiban membayarnya. Karena itu, TNKB harus menunggu masa berlakukan habis (lima tahun) agar masyarakat tidak dirugikan.

“Kalau masa berlaku belum habis yang berkewajiban membayar PNBP kan masyarakat, kalau dibebani kasihan mereka, masa pakai TKNB itukan lima tahun, kalau baru dua tahun digantikan dirugikan,” ujra Taslim.

Berdasarkan pertimbangan-pertimbangan tersebut, Taslim menjelaskan jika nantinya penggantian warna pelat ini dilakukan bertahap. Material lama dihabiskan terlebih dahulu dan akan digunakan untuk kendaraan baru atau STNK sudah habis masa berlakunya, atau kendaraan balik nama kita ganti baru dengan warna itu.

Perubahan warna dasar pelat kendaraan bermotor ini pun bukan tanpa alasan, tetapi guna memudahkan dalam pemantauan kamera CCTV. Pasalnya, saat menggunakan warna pelat hitam dan tulisan putih, kamera kesulitan untuk mengidentifikasi angka dan hurufnya. Hal ini sejalan dengan penerapan sistem tilang elektronik (ETLE) yang mulai diberlakukan di beberapa wilayah.

Perubahan warna dasar pelat nomor kendaraan ini tertuang dalam peraturan Polisi Nomor 7 Tahun 2021 Tentang Registrasi dan Identifikasi Kendaraan Bermotor yang ditetapkan di Jakarta pada 5 Mei 2021 dan ditandatangani oleh Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo. Aturan ini menggantikan Peraturan Kepala Kepolisian Nomor 5 Tahun 2012 tentang Registrasi Kendaraan dan Identifikasi Kendaraan Bermotor.(*)

Related Articles
Interest
Hati-Hati, 12 Provinsi Ini Bakal Terapkan Tilang Elektronik Mulai 23 Maret

Interest
Coronavirus, Polri Bebaskan Denda Pajak dan Beri Dispensasi SIM Expired

Interest
Situasi Lingkungan Mulai Rawan! Yuk Pasang CCTV dari Ponsel Bekas Kalian