Current Issues

Pemerintah Pastikan Vaksin Covid-19 yang Digunakan Aman dan Bermanfaat

Dwiwa

Posted on August 14th 2021

Ada yang masih ragu untuk divaksin karena khawatir ini berbahaya? Jika ya, penjelasan dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) ini mungkin bisa membuat kalian lebih yakin.

Dilansir dari Antara, pemerintah melalui BPOM menyatakan bahwa akan terur melakukan pengawasan pengujian dan pengkajian Covid-19 untuk memastikan keamanan, mutu dan khasiat vaksin di Indonesia.

Kepala BPOM Penny Lukito menjelaskan dalam keterangan pers tertulis jika semua vaksin yang digunakan dalam program vaksinasi Covid-19 di Indonesia telah melalui proses panjang sampai bisa mendapat emergency use authorization (EUA) sebagai izin edar dan penggunaan.

Vaksin juga telah dikaji bersama dengan Indonesian Technical Advisort Group on Immunization (ITAGI) dan para ahli lainnya sebelum mendapat persetujuan. Mutu vaksin juga dikawal oleh BPOM bersama Pusat Pengembangan Pengujian Obat dan Makanan Nasional (PPOMN) sebelum vaksin didistribusikan.

Sejauh ini, vaksin yang sudah diizinkan BPOM untuk penggunaan darurat ada enam jenis. Selain vaksin Sinovac, ada juga vaksin Sinopharm, AstraZeneca, Moderna, dan Pfizer Comirnaty.

Jalannya program vaksin juga terus diawasi agar tetap aman dan berjalan lancar lewat kegiatan pengawasan mutu dan pemantauan kejadian rujukan pascaimunisasi bersama Kementerian Kesehatan dan dinas kesehatan di seluruh Indonesia.

“Selain vaksinasi, yang tidak boleh dilupakan adalah tetap disiplin pada protokol kesehatan dengan menjalankan 3M, terutama memakai masker, memathu pembatasan mobilitas, dan juga mencuci tangan,” papar Penny.

Nah, dengan semua proses panjang yang dilalui vaksin tersebut, tentu mutu dan keamanannya juga sudah terjamin. Jadi, kalian tidak perlu lagi termakan dengan kabar hoaks yang beredar di luar sana. Segera daftarkan diri untuk mendapatkan vaksin di pusat vaksinasi dekat tempat tinggal kalian ya.(*)

Related Articles
Current Issues
1,5 Juta Vaksin Pfizer Tiba, Bisa Digunakan untuk Warga Usia 12 Tahun ke Atas

Current Issues
Vaksin Covid-19 Janssen dan Convidecia Dapat EUA dari BPOM

Current Issues
Perlu Nggak sih Pake Masker Kalau Sudah Divaksin Covid-19?