Current Issues

WHO Minta Semua Pihak Bekerja Sama untuk Mempercepat Studi Asal Usul Covid-19

Dwiwa

Posted on August 13th 2021

Hampir dua tahun pandemi Covid-19 mengacaukan dunia. Tapi sejauh ini, dari mana asal-usul virus SARS-Cov-2 masih menjadi misteri. Sejumlah penelitian yang dilakukan juga belum mendapatkan jawaban pasti.

Penelitian pun masih terus dilakukan oleh berbagai pihak untuk menemukan asal dari virus yang sudah merenggut nyawa lebih dari 4 juta orang di dunia ini. Dilansir dari situs resmi Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), mereka telah bekerja sama dengan negara anggota dan komunitas ilmiah untuk bisa memahami bagaimana pandemi dimulai agar kita lebih siap menghadapi pandemi berikutnya.

Setelah melakukan publikasi laporan studi fase satu soal asal-usul Covid-19 yang dilakukan WHO bersama Tiongkok pada Maret 2021, badan tersebut telah menjabarkan rangkaian studi berikutnya.

Agar bergerak maju, WHO menyerukan semua pemerintah untuk tidak mengaitkannya dengan politik dan bekerja sama untuk mempercepat penelitian. Lebih penting lagi bekerja sama untuk mengembangkan kerangka kerja bersama untuk kemunculan patogen yang berpotensi pandemi di masa depan.

Mencari asal-usul patogen baru adalah proses yang sulit, yang didasarkan pada sains, dan membutuhkan kolaborasi, dedikasi, dan waktu. WHO menegaskan jika pencarian asal-usul SARS-Cov-2 tidak boleh untuk saling menyalahkan, menuding, atau menyalahkan secara politis.

Sangat penting untuk mengetahui bagaimana pandemi Covid-19 dimulai. Ini untuk dijadikan contoh dalam menentukan asal usul semua peristiwa limpahan hewan-manusia di masa depan.

Berdasarkan apa yang telah dipelajari, rangkaian studi berikutnya akan memeriksa lebih lanjut data mentah dari kasus paling awal dan serum dari kasus awal yang potensial pada 2019. Akses ke data sangat penting untuk mengembangkan pemahaman kita tentang sains dan seharusnya tidak dipolitisasi dengan cara apapun.(*)

 
Related Articles
Current Issues
Para Ahli di Tim WHO Sebut Pencarian Asal Usul Covid-19 Telah Terhenti

Current Issues
Tim Baru WHO Mungkin Jadi Kesempatan Terakhir untuk Temukan Asal Usul Covid-19

Current Issues
Kasus Covid-19 Pertama Kemungkinan Muncul di Tiongkok Sejak Oktober 2019