Tech

Zoom Punya Fitur Baru, Siswa Tak Bisa Saling Ganggu dan Tetap Fokus

Jingga Irawan

Posted on August 12th 2021


Credit: Getty Images

Kelas online emang banyak gangguannya. Kalau nggak bosan, pasti bawaannya ingin tidur mulu. Nggak jarang, siswa saling mengganggu atau mengejek satu sama lain melalui tampilan video demi mengusir rasa bosan dan ngantuk. Namun, kondisi ini tampaknya nggak akan terjadi lagi karena Zoom punya fitur baru untuk mengatasi hal tersebut.

Dilansir dari The Verge, Kamis (12/8), Zoom telah mengumumkan Focus Mode baru, yang dimaksudkan untuk menjaga siswa agar tak terganggu saat berada di kelas virtual. Sambil tetap memungkinkan guru untuk mengawasi semua orang.

Saat diaktifkan, Focus Mode akan membuat audiens rapat tak dapat melihat video atau berbagi layar satu sama lain, sementara host masih dapat melihat webcam semua orang.

Mode tersebut dapat memberikan beberapa kontrol. Salah satunya adalah seorang guru dapat mengaktifkan Focus Mode saat presentasi, kemudian mematikannya ketika diskusi kelas. Selain itu, Focus Mode juga tersedia untuk akun gratis.

Fitur ini hadir saat tahun ajaran baru mendekat di seluruh dunia, dan karena ancaman Covid-19 tetap serius. Tampaknya ruang kelas virtual akan tetap menjadi pilihan oleh banyak orang, jadi Zoom menambahkan fitur untuk meningkatkan pembelajaran jarak jauh.

Meskipun Focus Mode akan menempatkan tampilan guru di depan dan di tengah untuk siswa, siswa tetap bisa melihat tampilan video mereka sendiri, serta video atau share screen apa pun yang disorot oleh host. Siswa juga dapat melihat nama siswa lain, serta reaksi emoji apa pun.

Secara keseluruhan, fitur tersebut merupakan cara yang baik untuk menjaga siswa agar tak saling mengganggu selama kelas. Bahkan dapat digunakan di luar lingkungan belajar. Misalnya selama presentasi perusahaan, dengan Focus Mode karyawan akan tetap melihat ke layar, jika manajer khawatir karyawan tak memperhatikan slide presentasi.

Dalam sebuah pengumuman untuk rilis Focus Mode, Zoom mengatakan bahwa fitur tersebut dapat diaktifkan atau dikunci untuk akun, grup, atau pengguna individu. Setelah mengaktifkannya, fitur tersebut dapat diakses dengan mengklik tombol “More” saat meeting sedang berlangsung. Gimana menurut kalian gengs? Berasa les privat gitu ya....(*)

Artikel Terkait
Tech
Rapat Pakai Google Meet Kini Bisa Tampung Hingga 500 peserta

Current Issues
Di Zaman Pak Harto, Indonesia Ternyata Pernah Uji Coba Pembelajaran Jarak Jauh

Tech
#FactCheckYourFeed, Kampanye TikTok Agar Penggunanya Melek Literasi Digital