Tech

Salip Facebook, TikTok Jadi Aplikasi Paling Banyak Diunduh Sepanjang 2020

Jingga Irawan

Posted on August 11th 2021

Credit: Reuters

Kepopuleran TikTok memang telah meningkat selama beberapa tahun terakhir. Menurut laporan Nikkei Asia yang mengutip survei global tentang unduhan aplikasi, TikTok mampu mengalahkan Facebook untuk menjadi aplikasi yang paling banyak diunduh di dunia pada 2020.

Laporan tersebut mengatakan bahwa aplikasi video pendek asal Tiongkok itu menduduki puncak daftar penyedia layanan media sosial untuk pertama kalinya, sejak penelitian dilakukan pada 2018. Meskipun tengah menghadapi larangan nasional di India dan AS tahun lalu, TikTok tetap berhasil mencatatkan pertumbuhannya.

Kehebatan TikTok di dunia aplikasi telah berdampak besar pada Facebook. Data yang dikumpulkan oleh Nikkei Asia dari platform analytics App Annie menunjukkan bahwa TikTok pindah ke peringkat nomor satu pada 2020 dari posisi keempat pada tahun 2019 dalam grafik pemeringkatan. Di sisi lain, Facebook tetap di posisi kedua, tetapi aplikasi pesannya — Facebook Messenger — pindah dari posisi pertama ke posisi kelima.

Dari 10 aplikasi yang paling banyak diunduh di dunia pada 2020, tujuh dikembangkan di AS dan empat di antaranya dimiliki oleh Facebook. Empat aplikasi milik Facebook tersebut antara lain, WhatsApp, Instagram, Facebook Messenger serta aplikasi Facebook asli perusahaan. Mereka juga termasuk di antara lima aplikasi teratas yang paling banyak diunduh di seluruh dunia.

Sama seperti pertumbuhannya di seluruh dunia, TikTok juga berhasil menjadi juara aplikasi yang paling banyak diunduh di AS pada 2020, melampaui Facebook Messenger.

“Total waktu menonton TikTok di AS dan Inggris lebih lama dari YouTube, dan video pendek (TikTok) akan terus menarik perhatian,” kata Chuzen Kin, manajer pemasaran di App Annie, seperti dikutip Nikkei Asia.

Akan tetapi di Asia —tak termasuk Tiongkok— TikTok masih berada di posisi kedua dalam peringkat total unduhan. Sementara Facebook masih mempertahankan peringkat pertama, menurut data yang dikumpulkan.

Tak seperti TikTok, pesaing lokalnya, Likee, turun ke peringkat delapan dari posisi keenam yang dicatat setahun sebelumnya. Sedangkan momentum tentang pembaruan kebijakan privasi WhatsApp mendorong Telegram mendapatkan tujuh dari peringkat delapan secara global.

Nikkei Asia belum memberikan jumlah pasti unduhan masing-masing dari 10 aplikasi paling banyak diunduh pada 2020. Namun aplikasi resmi seperti Apple App Store dan Google Play store tampaknya yang menjadi sumber data informasi ini. (*)

Related Articles
Tech
Facebook Luncurkan CatchUp, Aplikasi Khusus Untuk Telepon

Interest
Alasan Kenapa TikTok Sulit Ditiru Aplikasi Lain

Current Issues
Ini Media Sosial yang Berjaya dan Tumbang dalam Satu Dekade