Interest

Twitter: 1.622 Tweet Rasis Terjadi Selama EURO 2020

Dwiwa

Posted on August 11th 2021

Kekalahan Inggris dari Italia pada Final Euro 2020 pada bulan lalu membuat tiga pemain berkulit hitam Inggris menjadi sasaran rasis di media sosial. Sebulan berlalu, kini Twitter membagikan analisis mereka soal pelecehan tersebut.

Dilansir dari The Verge, cuitan Twitter UK menyebut jika sebagian besar akun yang ditangguhkan karena konten kasar selama turnamen bukanlah anonim. Twitter menyebut jika verifikasi identitas tidak akan mencegah pelecehan rasis terhadap pemain berkulit hitam di tim Inggris, usai kekalahan mereka di EURO 2020.

“Dari akun yang ditangguhkan secara permanen dari turnamen (EURO 2020), 99 persen pemilik akun dapat diidentifikasi,” kata Twitter. Perusahaan juga mengatakan bahwa, sementara tweet rasis berasal dari seluruh dunia, mayoritas berasal dari Inggris.

Menurut Twitter, alat otomatisnya mengidentifikasi dan menghapus 1.622 tweet rasis selama pertandingan dan 24 jam setelahnya. Dari jumlah tweet yang dihapus, hanya 2 persen yang dilihat lebih dari seribu kali.

Twitter telah lama memiliki masalah dengan pelecehan di platform-nya. Setelah boikot pada 2017, CEO Jack Dorsey berjanji bahwa Twitter akan mengambil sikap yang lebih agresif dalam menegakkan aturannya.

Sejak itu, perusahaan telah meluncurkan fitur yang lebih terperinci dalam upaya untuk mengekang pelecehan. Misalnya mengizinkan orang menyembunyikan balasan atau membatasi siapa yang dapat membalas tweet mereka.

Twitter juga terus berupaya mencegah pengiriman tweet kasar, termasuk meluncurkan permintaan balasan yang menanyakan apakah mereka yakin akan menggunakan bahasa yang berpotensi kasar. Twitter juga mengembangkan fitur yang memblokir sementara akun secara otomatis yang melanggar ketentuan perusahaan.(*)

Related Articles
Tech
Twitter Uji Coba Safety Mode, Tweet Kasar Langsung Kena Blokir

Lifestyle
5 Tips Menjaga Diri di Dunia Maya Agar Terhindar dari Modus Pelecehan

Tech
Twitter Adakan Sayembara Berhadiah Uang Tunai untuk Analisis Fitur Crop Otomatis