Tech

Kini Nonton YouTube Bisa Lewati Chapter dengan Ketuk Dua Jari

Jingga Irawan

Posted on August 11th 2021

 

YouTube sekarang punya fitur fast forward dan rewind baru yang memungkinkan pengguna melewati chapter tertentu saat memutar video. Melansir Gadget 360 pada Rabu (11/8), pengguna perlu mengetuk dua kali dengan dua jari untuk beralih ke chapter sebelumnya atau berikutnya.

Namun perlu diperhatikan bahwa fitur ini hanya akan berfungsi jika penerbit konten telah mengatur pembagian chapter dalam deskripsi video. Awal pekan ini, YouTube juga dilaporkan telah memiliki fitur slide-to-seek yang memungkinkan pengguna menelusuri video dengan cara yang jauh lebih mudah daripada sebelumnya.

Fitur ketuk dua kali dengan dua jari baru untuk YouTube pertama kali ditemukan oleh pengguna Reddit (@magnatronmusic31), sesuai laporan oleh Android Police. Pengguna menulis, "satu tambahan baru adalah mengetuk dua kali dengan dua jari untuk melewati bab video." Menurut Gadget 360, fitur melewati atau memundurkan chapter terdapat di aplikasi Android dan iOS.

Saat pengguna mengetuk dua kali di sisi kanan pemutar video, tampilan akan melompat ke chapter berikutnya. Sementara, pengguna harus mengetuk dua kali di sisi kiri pemutar video untuk mundur ke chapter sebelumnya. Agar ini berfungsi, penerbit video harus menentukan chapter dalam deskripsi video.

Sementara, gerakan slide-to-seek baru ditemukan oleh Redditor (@FragmentedChicken). Untuk menggunakan fitur slide-to-seek, pengguna pertama-tama perlu mengetuk dan menahan pada area mana saja di layar video dan menggeser ke kiri atau kanan menggunakan jari yang sama untuk memundurkan atau melompati. Saat fitur ini digunakan, YouTube akan menampilkan thumbnail kecil dari konten yang dilewati, sehingga lebih mudah mencari bagian konten yang diinginkan.(*)

Foto: Pixabay

Related Articles
Tech
Hilangkan Swipe Up, Instagram Siapkan Fitur Serupa Lewat Stiker

Tech
Twitter Uji Coba Fitur “Articles", Pengguna Bisa Bikin Tulisan Panjang

Tech
Bikin Konten di Shorts, Kreator Bisa Dapat Rp 134 Juta Sebulan dari YouTube