Current Issues

Hindari Tempat-Tempat Ini Jika Belum Vaksin

Dwiwa

Posted on August 10th 2021

Jumlah peningkatan kasus Covid-19 harian di Indonesia masih cukup tinggi. Setelah sempat menyentuh angka 56 ribuan pada pertengahan Juli lalu, angka penambahan kasus harian telah menurun menjadi sekitar 20 ribuan dalam beberapa hari terakhir.

Tetapi penurunan ini tidak lantas membuat kita bisa berleha-leha. Pasalnya, kemunculan varian-varian baru, seperti varian Delta yang kini mendominasi dunia dan menyebar lebih mudah, telah membuat lonjakan kasus Covid-19 di berbagai negara.

Para ahli kesehatan dan pemerintah pun berupaya mempercepat program vaksinasi guna segera mendapatkan kekebalan kawanan yang disebut dapat mengakhiri pandemi. Semua orang yang diperbolehkan mendapatkan vaksin pun diminta untuk bersedia divaksinasi.

Dilansir Healthline, Dr Kathi Kemper, profesor di Ohio State University College of Medicine menjelaskan menekankan jika vaksin tidak memberikan perlindungan 100 persen. Tetapi ini memberi perlindungan 80 hingga 90 persen dalam hal terkena kasus parah yang membutuhkan perawatan rumah sakit atau memicu kematian.

Orang yang sudah divaksin pun jarang mengalami kasus Covid-19 berat yang dapat menyebabkan kematian. Kasus itu bukan tidak mungkin, tetapi sangat jarang terjadi. Ledakan kasus terjadi pada sebagian kecil orang yang divaksin, tetapi mereka umumnya tidak bergejala atau bergejala ringan.

Tetapi, bagi orang yang belum divaksin, risiko Covid-19 jelas tinggi. Orang yang terpapar lebih mungkin mengalami gejala, menjadi sakit lebih parah, atau membutuhkan perawatan rumah sakit dan kemudian meninggal.

Di Amerika Serikat, Kemper mengatakan jika lebih dari 90 persen orang yang dirawat di rumah sakit dan kritis karena Covid-19 adalah mereka yang tidak divaksin. Sekitar 60 persen orang di Amerika telah mendapatkan vaksin Covid-19.

Kabar baiknya, orang yang belum divaksin pun bisa menurunkan risiko mereka terpapar. Caranya dengan menghindari kerumunan, terutama ketika berada di dalam ruang seperti bar, restoran, bioskop, konser, dan acara yang berlangsung di wilayah dengan cakupan vaksinasi rendah.

“Saat banyak orang berkumpul, ada risiko lebih besar  terpapar virus, dari orang yang tidak divaksinasi dan bahkan dari sebagian kecil orang sudah divaksinasi yang mungkin menularkan virus,” ujar Dr. Robert Amler, dekan New York Medical College School of Health Sciences and Practice.

Kalian akan menjadi sangat rentan sampai mendapat vaksinasi atau terpapar virus, yang tentu menjadi pilihan yang berbahaya. Karena itu, selalu gunakan masker, menjaga jarak, dan menghindari tempat umum atau keramaian sesegera mungkin.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC) menyebut beberapa tindakan yang bisa menjauhkan kalian dari Covid-19. Di antaranya selalu melakukan kegiatan di luar ruang, jaga jarak minimal 1,8 meter, dan membatasi waktu berada di sekitar orang yang tidak tinggal serumah.

Dan ketika kalian masih belum divaksinasi, menghindari beberapa tempat berikut akan sangat menurunkan risiko untuk terpapar Covid-19. Yakni bar, restoran, bioskop hingga gedung konser.

Bar mungkin menjadi tempat menyenangkan untuk bersosialisasi, tetapi ventilasi di dalamnya mungkin bukan yang terbaik. Tempat ini juga ramai sehingga sulit jaga jarak. Kalian juga tidak tahu status vaksinasi mereka dan apakah mereka juga patuh terhadap protokol kesehatan.

Dan tentu saja, saat berada di bar atau restoran kalian pasti makan, minum, dan mengobrol. Ini tentu kegiatan yang sulit dilakukan dengan masker.Sebagai gantinya, kalian bisa mendapatkan makanan dengan cara take away, pesan antar, atau dengan makan di luar ruang dengan meja berjarak minimal 1,8 meter.

Alasan yang sama juga berlaku untuk bioskop, gedung konser dan aktivitas lain yang melibatkan banyak orang di dalam ruang. Jika ingin datang, pastikan berapa lama acara berlangsung, berapa banyak orang yang datang, adakah jaga jarak dan penggunaan masker. Jika hasil analisis risiko menunjukkan level tinggi, jangan datang. (*)

Related Articles
Current Issues
5 Hal yang Membuatmu Bisa Terpapar Covid-19 Varian Delta

Current Issues
Warga AS yang Sudah Divaksin Kembali Disarankan Pakai Masker di Area Tertentu

Current Issues
Bagaimana Cara Hidup Berdampingan dengan Virus Corona?