Entertainment

DaBaby Dihapus dari Kredit Lagu Dua Lipa ‘Levitating’ karena Ujaran Kebencian

Dampak perkataan bisa sebesar ini.

Kezia Kevina Harmoko

Posted on August 10th 2021

(Foto: Gifted Mindset)

DaBaby sempat menghebohkan banyak pihak setelah ungkapannya di satu penampilan jadi viral. Karena dianggap menebarkan kebencian pada penderita HIV/AIDS dan homophobic, para penggemar Dua Lipa menuntut rapper tersebut diturunkan dari remix lagu Levitating.

Agaknya protes itu lumayan berhasil. Sejak kasus tersebut, jumlah pemutaran radio untuk lagu Levitating versi remix kian menurun. Dilansir dari Uproxx, pada 25 Juli, pemutaran 71% lagu Levitating diputar dari versi remix. Pada 29 Juli, persentasenya menurun ke angka 59%. Wah, lumayan drastis dampaknya.

Levitating versi remix juga mengalami penurunan di tangga lagu Billboard. Di tangga lagu Billboard Hot 100 tanggal 7 Agustus, lagu tersebut menempati posisi kelima. Turun dari posisi minggu sebelumnya yang berhasil menduduki posisi ketiga.

Puncak dampak kontroversi DaBaby terjadi pada hari ini. Di Billboard Pop Airplay, tangga lagu untuk jumlah stream dari radio. Per hari ini, rapper tersebut tidak lagi tercantum dalam kredit lagu Levitating. Dalam kata lain, dihilangkan kehadirannya dalam salah satu lagu dari album Future Nostalgia itu.

Tangkapan layar tangga lagu Billboard Pop Airplay

Kini Levitating versi orisinal, tanpa featuring, yang menggantikan posisi Levitating yang melibatkan DaBaby. Sebenarnya versi remix masih menempati posisi kelima di tangga lagu Billboard Hot 100 tanggal 7 Agustus. Namun, ada kemungkinan versi tersebut juga diganti dengan versi solo jika jumlah stream versi solo mengalahkan versi remix.

Situasi sejenis pernah terjadi di lagu Say So milik Doja Cat. Saat itu ada versi remix yang melibatkan Nicki Minaj. Namun, setelah dua minggu, airplay versi orisinal mendominasi pemutaran. Akhirnya Nicki Minaj dihilangkan dari kredit dan lagu versi orisinal yang kembali menempati tangga lagu.

Di luar itu, Dua tampaknya ingin segera merilis album baru meski Future Nostalgia masih sukses. Pada Juni lalu, ia telah merilis lagu Can They Hear Us untuk film Gully dan video musik untuk lagu Love Again.

Wah, dampak dari perkataan bisa sangat besar di masa sekarang. Pelajaran berharga nih buat semua artis dan kita semua. (*)

 

Related Articles
Entertainment
Fans Dua Lipa Tuntut Dababy Dihilangkan dari Lagu ’Levitating‘ karena Homophobic

Entertainment
Megan Thee Stallion Ingin Kolaborasi, Dua Lipa Bilang Oke, Fans Antusias!

Entertainment
Fix! Ada Madonna Hingga Gwen Stefani di Album Remix ‘Future Nostalgia’ Dua Lipa