Lifestyle

Bukan cuma Junk Food, 7 Kebiasaan Sepele Ini Juga Buruk untuk Tubuh

Dwiwa

Posted on August 9th 2021

Makan-makanan cepat saji secara berlebihan telah diketahui buruk untuk tubuh. Selain memiliki kalori berlebihan, makanan jenis ini juga tinggi lemak dan natrium yang tidak baik untuk tubuh. Tetapi selain itu, ternyata beberapa kebiasaan sepele yang sering kita lakukan juga ada loh yang buruk bagi kesehatan.

Dilansir Eat This, Not That!, setidaknya ada tujuh kebiasaan sepele yang sering tidak kita sadari jika itu adalah hal yang buruk. Beberapa di antaranya bahkan mungkin kita anggap sebagai kebiasaan baik yang menyehatkan.

 

1. Terlalu banyak berolahraga

Olahraga memang merupakan kebiasaan baik yang dianjurkan para ahli kesehatan. Sayangnya, sebagian besar orang banyak yang masih belum cukup berolahraga sehingga tubuh jadi memiliki berat berlebih.

Tetapi sebagian lain, justru jadi terobsesi dan terlalu banyak berolahraga. Ketika dilakukan secara berlebih, tubuh justru akan cidera dan pikiran kita akan kacau.

“Mulailah dengan cerdas, berolahraga satu jam sehari dan buat penyesuaian penambahan ketika kalian menjadi lebih efisien dan dapat memasukkannya ke dalam gaya hidup,” jelas Marc Lobliner, ahli kebugaran dan pemiliki TigerFitness.com

 

2. Membuat target yang tidak realistis

Sosial media terkadang membuat orang jadi terintimidasi tentang penampilan seseorang. Orang-orang terlihat cantik dan tampan dengan tubuh proporsional. Ini menjadi tekanan bagi sebagian para penggunanya. Tetapi orang terkadang lupa jika foto sempurna itu seringnya merupakan hasil filter dan photoshop.

“Mereka tidak hanya dipotret dengan angle yang tepat, tetapi juga dipoles dan itulah yang kalian lihat. Kemudian kalian mereasa hasil yang didapat masih kurang,” ujar Lobliner. Jadi, cobalah berdamai dengan dirimu sendiri dan jangan membuat target yang tidak realistis saat menjalani diet ataupun pola hidup sehat.

Lihat perubahan yang terjadi di awal dan saat ini. Ambil dan cintai perubahan positif yang terjadi dan tetaplah bangga dengan kemajuan yang kalian buat.

 

3. Tidak cukup tidur

Dr Ralph Esposito, seorang dokter naturopati yang bekerja dengan Ahletic Greens mengatakan jika kurang tidur dan kualitas tidur buruk yang terjadi setiap malam terbukti meningkatkan kadar hormon stres seperti kortisol, yang pada dasarnya menyimpan lemak dan memecah otot. Ini bahkan bisa memicu terjadinya resistensi insulin dan berbagai masalah hormonal.

 

4. Tidak menghargai siklus alami tubuh

Buat para cewek pasti sudah sangat paham jika setiap bulan ada masanya siklus kehidupan kita berubah. Siklus menstruasi terkadang berubah-ubah, begitu juga dengan hormon.

“Kita perlu memahami cara kerjanya dan menyesuaikan olahraga dan pola makan sepanjang bulan,” jelas Dana Bruck, L.Ac, MSTCM dan salah satu pendiri OVA MOON.

Misalnya jika kalian mencoba makan lebih sedikit dan berolahraga lebih keras seminggu sebelum menstruasi, kalian akan merasa kelelahan dan tidak akan kehilangan berat akibat menurunnya hormon estrogen dan testosteron.

“Karena energi kalian lebih rendah pada periode ini, berolahraga lebih dari 30 menit meningkatkan kadar kortisol yang mengarah pada penambahan berat badan dan peningkatan stres secara keseluruhan,” tambah Bruck.

 

5. Terlalu banyak duduk

Dokter Esposito mengatakan jika duduk lama, terutama tanpa melakukan stabilitas otot atau latihan mobilitas dapat menyebabkan postur tubuh yang buruk, nyeri kronis, konstipasi, dan gangguan aliran darah. Dia menganjurkan untuk melakukan yoga singkat selama 5 menit setiap 45-60 menit agar darah mengalir ke setiap anggota tubuh, sendi, dan organ.

 

6 Terlalu banyak atau sedikit terkena matahari

Sinar matahari memiliki peran penting bagi tubuh. Dr Esposito mengatakan jika sinar matahari tidak hanya memberi kita sinar UV untuk membuat vitamin D, tetapi juga membantu mengatur ritme sirkadian atau jam internal tubuh.

Tetapi saat kita kekurangan atau terlalu banyak diam di dalam ruangan, kita bisa kehilangan jam sirkadian dan kekurangan vitamin D. Suasana hati pun bisa turun karena kekurangan paparan sinar matahari.

Namun, terlalu banyak sinar matahari juga sama buruknya. Kulit bisa terbakar dan berpotensi menimbulkan kanker kulit. Jadi, pastikan jika kalian mendapat sinar matahari yang cukup dan tidak berlebih ya.

 

7. Melewatkan makan

Kebiasaan satu ini sering dilakukan ketika deadline tugas atau pekerjaan semakin dekat atau ketika terburu-buru di pagi hari. Padahal, kebiasaan sepele ini sebenarnya sangat tidak baik untuk tubuh loh. Melewatkan makan membuat tubuh kekurangan nutrisi dan energi penting yang kita butuhkan untuk menjalani hari. Dan jika kalian sedang diet, efek yang didapat mungkin kebalikan dari penurunan berat badan.

“Penelitian telah menemukan bahwa orang yang sarapan setiap hari cenderung memiliki berat badan yang lebih rendah, sedangkan mereka yang melewatkan waktu makan ini sering memiliki IMT (indeks massa tubuh) lebih tinggi, kadar kolesterol lebih tinggi, dan peningkatan diabetes,” jelas Dr. Brynna Connor, MD, Duta Kesehatan di NorthWestPharmacy.com.

 

Jadi, jika di antara kalian ada yang memiliki kebiasaan di atas, bisa mulai untuk berhenti dari sekarang nih. Ingat yah, kita ini masih muda dan memiliki masa depan yang panjang. Jadi, menjaga tubuh kita tetap sehat dan bugar di waktu sekarang adalah investasi yang baik untuk masa mendatang. (*)

Related Articles
Lifestyle
Hobi Begadang? Awas Risiko Diabetes Tipe 2 Bisa Naik Hingga 58 Persen

Lifestyle
Jangan Remehkan, Ini Dampak Buruk yang Bisa Kalian Dapat Jika Obesitas

Lifestyle
Gerakan Sederhana Ini Bantu Atasi Efek Buruk Terlalu Lama Duduk