Tech

Fitur Youth Mode di WeChat Langgar Perlindungan Anak, Tiongkok Gugat Tencent

Jingga Irawan

Posted on August 9th 2021

Layaknya WhatsApp, WeChat menjadi aplikasi pokok kehidupan digital di Tiongkok. Namun ketergantungan masyarakat terhadap WeChat tetap tak menghentikan negara menindak perilaku keliru aplikasi perpesanan milik raksasa teknologi Tencent itu.

Dilansir dari The Verge pada Senin (9/8), Jaksa di Beijing menggugat Tencent. Jaksa mengklaim bahwa "Youth Mode" pada aplikasi WeChat-nya bertentangan dengan undang-undang yang melindungi anak di bawah umur.

Saat WeChat digunakan dalam Youth Mode, mode tersebut membatasi akses pengguna remaja ke fungsi seperti pembayaran seluler, serta game tertentu.

Sebetulnya, mode tersebut dapat dengan efektif menjadi alat kontrol orang tua untuk "aplikasi super" yang memiliki banyak fitur. Namun gugatan yang dilaporkan tak merinci bagaimana Youth Mode pada aplikasi tersebut melanggar hukum.

Menurut Engadget, Tencent belum mengomentari gugatan. Akan tetapi, perusahaan baru-baru ini memang menetapkan batas yang lebih ketat bagi pemain remaja serta anak-anak untuk game Honor of Kings, membatasi waktu bermain menjadi hanya satu jam sehari pada hari kerja.

Gugatan tersebut mungkin menjadi bagian dari tindakan yang lebih luas dari Pemerintah Tiongkok. Pasalnya, media pemerintah Tiongkok gencar mengecam industri game dan platform online baru-baru ini, dan para pejabat sebelumnya menuntut perlindungan yang lebih baik terhadap ancaman online terhadap anak-anak.

Bulan lalu, Cyberspace Administration of China (CAC) mengeluarkan tindakan khusus yang melarang orang di bawah usia 16 tahun muncul dalam platform live-streaming dan konten video online. Larangan itu dibuat setelah CAC menemukan gambar-gambar pornografi anak-anak yang muncul di berbagai platform digital.

Negeri Tirai Bambu juga memusatkan banyak perhatiannya baru-baru ini untuk membatasi pergerakan raksasa teknologi seperti Alibaba dan Didi, pemerintah menggertak dengan denda antimonopoli dan larangan aplikasi. (*)

Related Articles
Tech
Langgar Aturan Transfer Data, Tiongkok Tegur 43 Aplikasi Termasuk WeChat

Tech
Tiongkok Perintahkan Perusahaan Teknologi Agar Tidak Saling Blokir Tautan

Tech
Pernah Pakai Fitur Text to Speech TikTok? Ternyata Suaranya Wanita Ini...