Tech

Starship Jadi Roket Tertinggi di Dunia, Elon Musk: Mimpi Jadi Kenyataan

Jingga Irawan

Posted on August 8th 2021

Credit: Elon Musk (Twitter)

Mimpi Elon Musk akhirnya menjadi nyata. Well, setidaknya begitu menurut tweet CEO SpaceX tersebut. Ia sedang girang karena kendaraan ruang angkasa Starship milik SpaceX resmi menjadi roket tertinggi di dunia.

Dilansir Space, Minggu (8/8), untuk pertama kalinya SpaceX menumpuk pesawat luar angkasa Starship di atas roket Super Heavy. Total tingginya 395 kaki atau sekitar 120 meter. Jika dihitung dengan tempat peluncuran, tingginya menjadi 475 kaki atau 145 meter. 

Credit: Pinterest

Keberhasilan ini terasa membanggakan bagi Elon Musk. Ia merilis beberapa foto Starship yang sudah terpasang. Dan, menulis kebanggaannya karena bisa bekerja dengan tim yang hebat. Ia menyebut keberhasilan ini adalah, "mimpi yang menjadi kenyataan.”

Pesawat ruang angkasa Starship yang ditumpuk, Jum’at (7/8) adalah prototipe SN20 perusahaan, dan digabungkan ke prototipe Super Heavy yang dikenal sebagai Booster 4. Ditumpuknya dua badan roket merupakan bagian dari persiapan uji terbang orbital yang telah direncanakan perusahaan. 

Starship serta booster tahap pertama Super Heavy, adalah pesawat yang akan digunakan SpaceX untuk menerbangkan manusia ke luar Bumi dengan tujuan seperti bulan, Mars, dan berbagai misi penting lainnya di masa depan.

April lalu, NASA memberikan SpaceX kontrak sistem pendaratan manusia untuk versi Starship untuk mendaratkan astronot di permukaan bulan, sebagai bagian dari program Artemis yang terikat di bulan.(*)

Artikel Terkait
Tech
Sukses Luncurkan Inspiration4, SpaceX Kirim Warga Sipil ke Ruang Angkasa

Tech
Dalam Tiga Hari, SpaceX Alami Dua Insiden Proyek Starship

Tech
SpaceX Bakal Mulai Program Bahan Bakar Roket dengan Karbon Dioksida