Sport

Lionel Messi Resmi Hengkang Dari Barcelona

Dwiwa

Posted on August 6th 2021

(Reuters)

Perjalanan Lionel Messi bersama klub raksasa Spanyol Barcelona tampaknya akan berakhir pada 2021. Kepastian ini diumumkan langsung oleh Barcelona melalui situs resminya pada Kamis (5/8) waktu setempat.

“Meskipun FC Barcelona dan Lionel Messi telah mencapai kesepakatan dan niat yang jelas dari kedua belah pihak untuk menandatangani kontrak baru hari ini, ini tidak dapat terjadi karena peraturan kendala keuangan dan struktural (peraturan LaLiga Spanyol),” tulis Barcelona.

Kondisi tersebut membuat Messi tidak lagi bisa bertahan di FC Barcelona dan harus hengkang. Mereka pun menyayangkan karena keinginan pemain dan klub tidak bisa terwujud.

Dilansir Reuters, Messi merupakan pencetak gol terbanyak klub sepanjang masa dan telah membuat 672 gol dalam 778 pertandingan di semua kompetisi. Peraih enam kali Ballon d’Or ini sudah bergabung dengan tim muda Barca pada usia 13 tahun.

Kontrak Messi sendiri sebenarnya sudah habis pada 30 Juni lalu. Namun Barcelona selalu berusaha membuat bintang sepak bola asal Argentina itu bertahan di klub. Messi diperkirakan akan menandatangani kontrak baru berdurasi lima tahun dengan Barcelona, termasuk pengurangan gaji sebesar 50 persen.

Tetapi adanya kendala finansial dan struktural membuat kesepakatan itu tidak bisa terlaksana. Krisis keuangan di Barcelona cukup parah sehingga mereka terdampak regulasi pembatasan gaji dari LaLiga yang pada akhirnya menyebabkan Messi tidak lagi bisa dipertahankan Barcelona.

Ketua LaLiga Javier Tebas mengatakan bulan lalu bahwa Barcelona, yang memiliki total uang lebih dari 1 miliar eruo, tidak akan diberi keringanan hukuman dalam hal mematuhi aturan kontrol keuangan liga yang ketat.

Messi sendiri sempat mencoba meninggalkan Barcelona pada Agustus 2020. Dia mengajukan permintaan resmi untuk keluar setelah putusnya hubungan dirinya dengan presiden saat itu Josep Maria Bartomeau. Tetapi penggantinya, Joan Laporta, meyakinkannya untuk tetap tinggal.

Kini, pemain yang telah membantu Barcelona mendapatkan 10 gelar liga, empat Liga Champions, dan tiga Piala Dunia Antarklub ini tidak memiliki klub jelang musim 2021-22.

Pertanyaan soal ke klub mana kaki Messi akan merumput pun jadi perbincangan hangat. Tetapi sejak lama, Messi telah dikaitkan dengan klub Prancis Paris St Germain (PSG) atau Manchester City, di mana ia akan dipersatukan kembali dengan mantan bos Barcelona Pep Guardiola.

Athletic melaporkan jika PSG, yang dikelola oleh rekan senegaranya Messi, Mauricio Pochettino, segera menghubungi Messi setelah diumumkan bahwa dia akan meninggalkan Barcelona.

Kira-kira, klub mana ya yang akan dipilih Messi untuk melanjutkan karirnya? (*)

 

Artikel Terkait
Sport
Lionel Messi di Persimpangan Jalan

Sport
Tak Ada Messi atau Ronaldo di Semi Final Liga Champion Musim Ini

Sport
Perempat Final Liga Champion Tanpa Messi dan Ronaldo, Pertama Dalam 16 Tahun