Tech

Ingin Mengangkasa? Virgin Galactic Kembali Jual Tiket Rp 6 Miliar Per Kursi

Jingga Irawan

Posted on August 6th 2021

Gene Belvins/Reuters

Era pariwisata luar angkasa akhirnya tiba. Dilansir The Verge pada Jum’at (6/8), perusahaan pariwisata luar angkasa angkasa milik Richard Branson, Virgin Galactic, membuka kembali penjualan tiket penerbangan pesawat SpaceShipTwo. Harga awal yang ditawarkan perusahaan sebesar USD 450 ribu (Rp 6,5 miliar). Jumlah ini lebih mahal dari tiket penerbangan sebelumnya, yakni USD 200 ribu.

Penjualan tiket kembali dibuka setelah penerbangan perdana Richard Branson menggunakan SpaceShipTwo sukses pada Juli lalu. Misi perdana yang disebut Unity 22 tersebut adalah momentum penting dari pesawat roket sebelum perusahaan menerbangkan warga biasa pada akhir 2022.

Pesawat SpaceShipTwo merupakan kendaraan wisata ruang angkasa unggulan Virgin Galactic yang dapat membawa empat penumpang ke ketinggian sekitar 53 mil (85,2 kilometer) selama beberapa menit.

“Memanfaatkan lonjakan minat konsumen setelah penerbangan Unity 22, kami sangat senang mengumumkan pembukaan kembali penjualan yang efektif hari ini, dimulai dengan komunitas Spacefarer kami,” kata kepala eksekutif Virgin Galactic Michael Colglazier dalam rilisnya.

Tiket pelanggan untuk penerbangan Virgin Galactic sebenarnya dijual bersamaan dengan pengembangan pesawatnya beberapa tahun lalu. Namun, penjualan tiket untuk pelanggan individu telah ditutup sejak kecelakaan fatal 2014 selama penerbangan uji coba. 

Setelah kecelakaan tersebut, Richard Branson berkomitmen untuk mencoba sendiri terbang menggunakan SpaceShipTwo untuk menunjukkan tingkat keselamatan demi mendapat kepercayaan dari pelanggan sebelum membuka penerbangan secara umum.

Setelah misinya sukses pada 11 Juli lalu, Virgin Galactic menargetkan misi pertama komersial berlangsung akhir September ini. Misi tersebut disebut Unity 23, berisi peniliti dan tiga anggota dari Angkatan Udara Italia.

Kabar sedihnya, calon pelanggan yang ingin membayar setidaknya USD 450 ribu harus mengantre lebih lama. Pasalnya, perusahaan memiliki simpanan sekitar 600 pemegang tiket yang harus terbang terlebih dahulu. Dan sekitar 1.000 calon pelanggan yang telah menempatkan deposit USD 1.000 akan berada di urutan berikutnya.

Dengan penjualan tiket baru, Virgin Galactic akan menawarkan tiga cara untuk menumpang di SpaceShipTwo: opsi kursi tunggal, paket pasangan / teman / keluarga multi-kursi bahkan pembelian penerbangan penuh.

"Penjualan awalnya akan dibuka untuk daftar penting perusahaan rekanan, Komunitas Spacefarer akan diberikan kesempatan pertama untuk memesan tempat mereka di luar angkasa," kata perusahaan itu. “Dan tetap akan dibuka untuk pelanggan yang tertarik untuk memesan penerbangan luar angkasa di masa depan.” (*)

 

Related Articles
Tech
Catat Sejarah Baru, Jeff Bezos Sukses Tur Antariksa Bersama Blue Origin

Tech
Sukses Luncurkan Inspiration4, SpaceX Kirim Warga Sipil ke Ruang Angkasa

Tech
Richard Branson Sukses Meroket Ke Luar Angkasa Bareng SpaceShipTwo