Entertainment

Netflix Bikin Seri Dokumenter Tentang Misi Sipil Pertama SpaceX ‘Countdown’

Jingga Irawan

Posted on August 4th 2021

Credit: The Verge

Film fiksi tentang ruang angkasa memang sudah banyak, tapi masih sedikit yang menampilkan misi asli beserta persiapannya. Dilansir The Verge pada Rabu (4/8), Netflix mengembangkan serial dokumenter tentang misi sipil ke ruang angkasa yang akan diluncurkan dengan roket SpaceX pada September mendatang, beserta proses melatih para astronot tersebut ke orbit.

Diumumkan pada Selasa (3/8), Contdown: Inspiration4 Mission to Space akan menjadi seri dokumenter pertama Netflix yang meliput sebuah misi, Inspiration4, secara hampir real-time. 

Netflix mengatakan, dua episode pertama akan tayang pada 6 September, diikuti oleh dua episode lagi pada 13 September.

SpaceX menargetkan 15 September untuk tanggal peluncurannya. Dan jika jadwal itu tetap seperti rencana awal, episode kelima akan tayang perdana pada akhir September. Film dokumenter ini diproduksi bersama oleh Time Studios dan akan disutradarai oleh Jason Hehir.

Perusahaan ruang angkasa Elon Musk tersebut mengungkapkan misi Inspiration4 yang berawak sipil pada awal tahun ini. Nantinya, perusahaan akan menempatkan kru tinggal di pesawat ruang angkasa Dragon hingga lima hari di orbit sekitar Bumi. Menurut Elon, kegiatan tersebut dianggap sebagai “tonggak penting menuju memungkinkan akses ke ruang angkasa untuk semua orang.”

Misi ini digerakkan oleh Jared Isaacman, yang menjabat sebagai CEO Shift4 Payments. Jared menggunakan misi tersebut untuk mengumpulkan penggalangan dana sebesar USD 200 juta untuk Rumah Sakit Penelitian Anak St. Jude.

SpaceX telah mengumumkan tiga warga sipil lainnya yang akan bergabung dengan Jared. Pertama, Profesor Geosains Sian Proctor, yang akan menjadi pilot misi. Kedua, Hayley Arceneaux, asisten dokter di Rumah Sakit St. Jude sekaligus penyintas kanker anak, dan bakal menjadi orang pertama di luar angkasa dengan bagian tubuh palsu. Terakhir, veteran Angkatan Udara AS Chris Sembroski.

Peluncuran Inspiration4 akan menjadi realisasi dari tujuan lama Musk bereama SpaceX. Perusahaan telah memesan setidaknya empat misi lainnya dengan kapsul Crew Dragon dan satu dengan roket Starship. Inspiration4 akan menjadi peluncuran pariwisata luar angkasa kedua tahun ini.

Sebelumnya, Jeff Bezos bersama tiga orang lainnya melakukan misi manusia pertama pada kombinasi roket / kapsul New Shepherd Blue Origin pada bulan Juli.

Virgin Galactic dalam waktu dekat juga akan menerbangkan pelanggan berbayar pertamanya. Pendiri perusahaan, Richard Branson, turut mengunjungi tepi luar angkasa bersama tiga karyawan perusahaan lainnya pada bulan Juli untuk menguji coba kabin SpaceShipTwo perusahaan. (*)

 

Related Articles
Tech
Sukses Luncurkan Inspiration4, SpaceX Kirim Warga Sipil ke Ruang Angkasa

Interest
Kru Lengkap! Inspiration 4 Siap Jalankan Misi Luar Angkasa Berpenumpang Sipil

Entertainment
Salip Tom Cruise, Sutradara Rusia Bakal Bikin Film Pertama di Ruang Angkasa