Tech

Twitter Hapus Fitur ‘Fleets’, Cuma Bertahan 8 Bulan karena Pengguna Sedikit

Selamat tinggal untuk selamanya, Fleets!

Kezia Kevina Harmoko

Posted on August 4th 2021


Mengandung gambar dari Twitter

Twitter resmi menghapus Fleets, fitur story yang muncul di bagian atas linimasa kita. Sontak para warga Twitter ramai-ramai merespons hilangnya fitur satu ini dengan kekecewaan dan juga kelegaan.

Fleets pertama kali diluncurkan pada November 2020 lalu dengan tujuan membantu orang untuk lebih bebas mengekspresikan apa yang mereka rasakan atau pikirkan karena akan hilang dalam 24 jam. Twitter ingin Fleets membangun lebih banyak percakapan, tapi nyatanya itu gak terjadi.

Beberapa usaha agar Fleets menarik banyak pengguna juga sudah dilakukan Twitter. Sempat ditambahkan stiker, GIF, dan Twemoji (emoji buatan Twitter) biar pengguna bisa berkreasi. Pengguna juga bisa merespons Fleet dengan balasan yang masuk ke DM dan emoji seperti yang di InstaStory.

Awal Juni lalu, Twitter tampak akan menguji coba tampilan iklan layar penuh di Fleets, mirip seperti yang sering kita temui di InstaStory. Eh, sekarang sudah hilang aja fiturnya.

Sayangnya ide ini enggak terlalu diminati para warga Twitter dibuktikan dengan jumlah penggunanya yang tidak banyak bertumbuh. Bahkan sebuah meme yang menampilkan wajah nggak puas di-retweet langsung oleh akun resmi Twitter. “Kalau kamu melihat sebuah Fleet, pasti kamu enggak melihatnya,” ujar media sosial tersebut di twit selanjutnya.


Tangkapan layar twit @Twitter

Nah, karena Fleets sudah musnah, terus ruang di bagian atas timeline kita diisi apa dong? Spaces. Yup, fitur serupa Clubhouse itu akan mengisi ruang kosong tersebut dengan lingkaran berwarna ungu, menandakan ada livestream audio yang sedang berjalan. Mirip seperti Instagram Live gitu.

“Kalau kita tidak mengembangkan usaha kami atau menurunkan fitur beberapa kali—kita belum mengambil kesempatan besar,” ujar Ilya Brown, Twitter consumer product VP dalam sebuah pernyataan resmi. Mari kita nantikan fitur-fitur baru yang akan datang (atau diturunkan) dari Twitter~

Nah, kamu masuk tim yang sering mengggunakan Fleets atau sama sekali enggak pernah bikin story Twitter itu? (*)

Related Articles
Tech
Twitter Ikutan Punya Fitur Story Bernama ‘Fleets’, Bisa Dipakai Semua Pengguna!

Tech
Twitter Tambah Stiker dan GIF untuk Fleets, Jadi Makin Mirip InstaStory

Tech
Twitter Update Spaces, Hanya Bisa Diakses Akun dengan 600+ Pengikut