Current Issues

Studi: Kombinasi Vaksin AstraZeneca dan mRNA Covid-19 Efektif Lawan Virus Corona

Dwiwa

Posted on August 3rd 2021

Lonjakan kasus Covid-19 di berbagai belahan dunia telah membuat program vaksinasi semakin ditingkatkan. Uji coba terhadap kombinasi dua vaksin Covid-19 pun terus dilakukan di banyak negara. Terbaru, Denmark menemukan jika menggabungkan vaksin AstraZeneca dan dosis kedua dengan suntikan vaksin mRNA Covid-19 memberikan perlindungan yang baik.

Dilansir dari Reuters, Denmark sendiri menjadi salah satu negara yang mempertimbangkan pengunaan vaksin Covid-19 yang berbeda untuk dosis kedua. Hal ini diperlukan karena otoritas kesehatan Denmark telah menghentikan inokulasi dengan vaksin AstraZeneca pada April. Penyebabnya kekhawatiran efek samping yang jarang terjadi.

Lebih dari 144.000 orang Denmark menerima suntikan pertama dengan vaksin AstraZeneca tetapi kemudian divaksinasi dengan suntikan vaksin berbasis mRNA dari Pfizer-BioNTech atau Moderna sebagai dosis kedua. Sebagian besar dari orang tersebut merupakan personil garis depan di sektor kesehatan.

"Studi menunjukkan bahwa empat belas hari setelah program vaksinas gabungan, risiko infeksi SARS-Cov-2 berkurang 88 persen dibanding dengan individu yang tidak divaksinasi," jelas State Serum Institute.

Menurut SSI, itu adalah kemanjuran tinggi dan sebanding dengan tingkat kemanjuran 90 persen dari dua dosis vaksin Pfizer-BioNTech yang dikonfirmasi dalam studi Denmark yang berbeda.

Studi yang diterbitkan minggu lalu ini memiliki rentang waktu lebih dari lima bulan antara Februari dan Juni 2021. Itu merupakan periode di mana varian Alpha dari virus corona mendominasi.

Namun untuk varian Delta, masih belum bisa disimpulkan apakah perlindungan yang diberikan juga sama. Selain itu, tidak ada data soal efikasi dan kematian terkait Covid-19 atau rawat inap karena tidak ada lanjutan dari program vaksinasi gabungan.(*)

Related Articles
Current Issues
Studi: Vaksin Covid-19 AstraZeneca dan Pfizer Aman Dikombinasikan

Current Issues
Kabar Baik! Setelah Pfizer, Vaksin Covid-19 dari Moderna Aman untuk Remaja

Current Issues
Ini Hal yang Perlu Kalian Ketahui Soal Vaksin Covid-19 dan Kapan Harus Divaksin