Tech

Beri Tontonan Bebas Iklan dengan Harga Murah, YouTube Uji Coba 'Premium Lite'

Jingga Irawan

Posted on August 3rd 2021

Credit: The Verge

Merasa langganan Youtube terlalu mahal? Tenang, Google punya solusinya. Dilansir The Verge pada Selasa (3/8), Google sedang menguji coba tingkat premium yang lebih murah untuk layanan YouTube di Eropa. Dengan begini, warganet bisa mendapat penayangan bebas iklan, namun tetap tak bisa mengakses fitur YouTube premium lainnya seperti unduhan offline.

Program dengan nama Premium Lite saat ini sedang diuji di Belgia, Denmark, Finlandia, Luksemburg, Belanda, Norwegia dan Swedia.

“Di Nordics dan Benelux, kami menguji penawaran baru untuk memberikan lebih banyak pilihan kepada pengguna: premium lite berharga EUR 6,99 per bulan (Rp 119 ribu) dan termasuk video bebas iklan,” kata juru bicara YouTube dalam sebuah pernyataan. Sebagai perbandingan, paket YouTube Premium Reguler saat ini berharga sekitar EUR 11,99 per bulan (Rp 200 ribu) per bulan di Eropa.

Premium lite mencakup penayangan bebas iklan di seluruh aplikasi utama YouTube di web, iOS, Android, smart TV, dan konsol game, serta di aplikasi YouTube Kids. Namun karena harganya yang lebih murah, itu tak termasuk YouTube Music seperti fitur mendengarkan bebas iklan dan tak termasuk fitur remium lainnya seperti unduhan offline.

Untuk sebagian besar orang yang membenci banyaknya jumlah iklan di YouTube tetapi ingin dapat harga yang lebih murah, premium lite bisa menjadi pilihan yang tepat. Tetapi menurut The Verge, berlangganan premium lite masih saja tak sebanding. Pasalnya, biaya premium lite sekitar 60 persen dari harga langganan premium reguler, sementara hanya menawarkan sekitar seperempat dari fiturnya.

YouTube mengatakan bahwa langganan saat ini masih dalam tahap percobaan, dan sedang mempertimbangkan untuk meluncurkan lebih banyak rencana berdasarkan masukan dari pemirsa.(*)

 

Related Articles
Tech
Waduh, YouTube Perbanyak Iklan Mulai 2021 Biar Kita Upgrade ke Akun Premium

Interest
Buka YouTube Sambil Akses Aplikasi Lain? Begini Caranya...

Tech
YouTube Uji Coba Pembuat Chapter Otomatis, Biar Gak Perlu Menandai Secara Manual