Tech

Elon Musk Bantah Kabar Ingin Gantikan CEO Apple, Tim Cook

Jingga Irawan

Posted on August 2nd 2021

Credit: The Verge

Kabar keterkaitan Elon Musk dan Tim Cook membuat warganet terkejut bukan main. Dilansir dari The Verge, Senin (2/8), CEO Tesla Elon Musk dilaporkan ingin menjadi CEO Apple dalam panggilan telepon 2016 dengan Tim Cook. Kisahnya dibagikan oleh Los Angeles Times, berasal dari cerita Power Play: Tesla, Elon Musk, and the Bet of Century. Tulisan itu dibuat reporter The Wall Street Journal, Tim Higgins.

Seperti yang dikatakan dari kisah tersebut, Tim Cook menawarkan kepada Elon Musk agar Apple mengakuisisi Tesla di tengah kesulitan perusahaan pada 2016. Elon Musk mengatakan ia ingin menjadi CEO. Awalnya Tim Cook setuju, karena dia mengira bahwa yang dimaksud Elon tetap menjadi CEO Tesla. Ternyata, maksud Elon Musk adalah dia ingin menjadi CEO Apple.

Tetapi Elon Musk dan pihak Apple sama-sama menyanggah bahwa percakapan itu mustahil terjadi karena Elon Musk dan Tim Cook tak pernah berbicara.

Dalam sebuah tweet, Elon Musk dengan tegas mengatakan bahwa tim Cook dan dirinya tak pernah berbicara atau saling bertukar pesan satu sama lain. Elon juga mengatakan bahwa ia memang berusaha untuk bertemu dengan Tim Cook tentang rencana Apple mengakuisisi Tesla, tapi pertemuan tersebut ditolak oleh Tim Cook.

Ketika dimintai komentar, Apple menunjuk pada pernyataan yang dibuat Tim Cook selama wawancara dengan Kara Swisher dari The New York Times. Di mana saat itu Cook menyangkal pernah berbicara dengan Elon. "Kamu tahu, saya belum pernah berbicara dengan Elon, meskipun saya sangat mengagumi dan menghormati perusahaan yang ia bangun," kata Tim Cook.

Elon Musk juga mengklaim bahwa sebagian besar buku itu salah. "Higgins berhasil membuat ceritanya palsu dan membosankan," kata Musk dalam tweet.

Elon tampaknya tak tertarik mengomentari buku Power Play. Padahal pada catatan penulis di bagian akhir, Tim Higgins menulis bahwa Elon diberi kesempatan mengomentari cerita, fakta, dan karakterisasi yang disajikan di kisah tersebut.

Tim Higgins juga mengatakan bahwa Elon memiliki banyak kesempatan untuk berkomentar dan bahwa kisah percakapan dengan Cook berasal dari percakapan Elon Musk sendiri, menurut orang-orang yang mendengar menceritakan kembali pada saat itu.

Tak lama setelah men-tweet bahwa ia belum pernah bertemu Tim Cook, Elon Musk men-tweet untuk mendukung perjuangan Epic dalam kasus melawan Apple dan aturannya di App Store. "Biaya toko aplikasi Apple adalah pajak global de facto di Internet," kata Musk. “Epic benar.”(*)

Related Articles
Interest
Kritik Kaitan Kuliah dan Kesuksesan Karier, Elon Musk: Shakespeare Tidak Kuliah

Tech
Elon Musk Sindir Ambisi Apple dan Huawei yang Mulai Bikin EV

Tech
Tesla Berencana Rilis Software 'Full Self-Driving' Lebih Luas