Tech

Telegram Update Fitur! Bisa Video Call Ditonton 1000 Orang

Jingga Irawan

Posted on July 31st 2021

Credit: Telegram

Tak seperti banyak media sosial lain yang saling tiru fitur shopping, Telegram justru melawan arus. Raksasa teknologi yang dipimpin oleh Pavel Durov tersebut meluncurkan banyak update dengan meningkatkan fungsi fitur yang sudah ada dan menambahkan fitur baru seputar layanan dasar untuk pengguna.

Pembaruan yang dirilis pada Jum’at (30/7) meliputi video call dengan 1000 penonton, mengubah kecepatan pemutaran video, animasi pesan baru, hapus pesan otomatis dalam kurun waktu tertentu hingga video messages 2.0. Pembaruan ini tersedia bagi pengguna Android dan iOS.

Versi terbaru dari Telegram memungkinkan 1.000 orang untuk bergabung dengan satu video call grup. Namun, tak semua orang dapat menampilkan wajah. Jumlah yang dapat menyiarkan video dari kamera atau layar tetap dibatasi 30 pengguna, sementara 970 orang bisa menontonnya. Dan jumlah ini diperkirakan akan meningkat seiring dengan update mendatang.

Credit: Telegram

Caranya mudah, pengguna tinggal buat Voice Chat dari halaman info (menu titik tiga di Android) di grup mana pun tempat kalian menjadi admin lalu nyalakan video.

Nah, pembaruan ini juga menguntungkan bagi kalian yang suka saling mengirim vlog harian. Karena sekarang kalian bisa mengontrol lebih tepat video yang diputar melalui Telegram. Aplikasi tersebut telah memiliki fitur yang memungkinkan kalian mengubah kecepatan pemutaran antara 0,5x, 1,5x, atau 2x.

Credit: Telegram

Selain itu, Telegram juga memperbarui video messages dengan peningkatan resolusi yang lebih tinggi. Kalian bahkan bisa menjeda, mempercepat dan memundurkan video singkatnya. Sekarang kalian juga dapat merekam video messages dengan suara.

Untuk merekam video messages, ketuk ikon mikrofon di bilah pesan hingga beralih dari rekaman pesan suara ke video. Tekan dan tahan untuk merekam, lalu ketuk ikon kamera untuk beralih kembali.

Credit: Telegram

Kalian juga bisa melakukan screen sharing dengan suara dalam panggilan 1-on-1 video call termasuk audio perangkat. Buat kalian yang ingin share screen selama video call ketuk tombol kamera dan pilih layar sebagai sumber video.

Kerennya lagi, pesan dalam obrolan apa pun dapat diatur agar terhapus sendiri setelah jangka waktu tertentu, sesuai keinginan kalian. Mulai dari 1 hari, 1 minggu hingga 1 bulan. Untuk mengaktifkan penghapus pesan otomatis di Android, ketuk tanda titik tiga > hapus Riwayat lalu pilih durasi. Untuk di iOS, tekan dan tahan pesan, ketuk Pilih > Hapus Obrolan (kiri atas) > Aktifkan Hapus Otomatis.

Bagi pengguna Android, mengirim pesan sekarang juga ditambahkan fitur animasi yang lebih seru. Fitur lain dalam pembaruan terbaru Telegram adalah animasi kata sandi untuk membuka kunci aplikasi hingga kamera internal baru dalam versi iOS. (*)

Related Articles
Tech
Makin Keren, Telegram Versi Baru Bisa Untuk Edit Video Hingga Menambahkan Stiker

Tech
5 Fitur Terbaru Beta Version Android 11 Ini Mirip iOS. Apa Saja Ya?

Tech
Awas, Jutaan Ponsel Bakal Kehilangan Akses WhatsApp Mulai 1 Januari