Tech

Komisi Tak Dibayarkan, Gerard Butler Gugat Produser 'Olympus Has Fallen'

Jingga Irawan

Posted on July 31st 2021

Credit: The Hollywood Reporter

Tak hanya Scarlett Johansson, aktor Hollywood Gerard Butler  juga sedang berurusan dengan hukum terkait keuntungan film yang dibintanginya. Dilansir dari Screenrant, Sabtu (31/7), Gerard Butler telah mengajukan gugatan di Pengadilan Tinggi Los Angeles terkait profit yang harusnya ia dapatkan dari kesuksesan film Olympus Has Fallen.

The Hollywood Reporter melaporkan bahwa Gerard telah mengajukan gugatan untuk menuntut Nu Image/Millennium Media dan Padre Nuestro Productions. Aktor tersebut menuduh bahwa mereka tak pernah berencana membayar keuntungan bersih yang terutang kepadanya dari profit Olympus Has Fallen.

Ia menuduh rumah produksi tersebut tak membayarkan setidaknya USD 10 juta (Rp 144 miliar) dari keuntungan film Olympus Has Fallen yang seharusnya menjadi miliknya. Sementara, film tersebut telah meraup keuntungan total sekitar USD 170 juta (Rp 2,4 triliun) secara global, dan Gerard mengklaim belum dibayar satu sen pun dari keuntungan itu.

Dia juga menyatakan bahwa produser film tersebut sedang bertengkar dengan DGA (Serikat Sutradara Amerika) mengenai pembayaran pensiun dengan Nu Image serta Millennium  dalam kasus mengurangi sisa keuntungan yang belum dibayarkan.

Gugatan itu juga menyebut adanya "skema terencana" untuk dugaan sengaja menyembunyikan uang dan merampas laba bersih Gerard Butler dengan kesepakatan perjanjian bersama distributor yang terstruktur sehingga tak semua penerimaan kotor harus dilaporkan.

Olympus Has Fallen adalah film pertama dari dunia Has Fallen. Sekuelnya berjudul London Has Fallen dan Angel Has Fallen, yang masing-masing dirilis pada 2016 dan 2019. Rencananya film seri ini akan dikembangkan menjadi tiga film fitur lagi. Night Has Fallen dikabarkan akan menjadi judul film berikutnya, meskipun belum ada tanggal rilis yang diumumkan.(*)

Related Articles
Entertainment
Belum Ada Tanda-Tanda Kelanjutan 'Mile 22'

Entertainment
Sinopsis 'Bad Boys for Life': Pensiunan Polisi Pertaruhkan Nyawa demi Sahabat

Entertainment
Tahu Nggak Sih? Sebelum Jadi Bintang Film, 3 Aktor ini Dulunya Seorang Atlet!