Current Issues

Warga AS yang Sudah Divaksin Kembali Disarankan Pakai Masker di Area Tertentu

Dwiwa

Posted on July 30th 2021

Sudahkah kamu mendapatkan dua dosis vaksin Covid-19? Jika sudah, jangan lantas mengendorkan protokol kesehatan ya. Pasalnya, orang yang sudah mendapat vaksinasi penuh pun masih bisa menularkan kepada orang lain.

Dilansir dari Eat This, Not That!, Direktur Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Dr Rochelle Walensky dalam acara SiriusXM Doctor Radio Reports mengatakan jika orang yang sudah divaksinasi penuh masih berpotensi menyebarkan virus, terutama terkait varian Delta.

Rochelle mengungkap jika berdasarkan informasi terbaru dari penyelidikan ledakan pandemi selama beberapa minggu terakhir menunjukkan jika jumlah virus yang ditemukan pada kelompok yang sudah divaksinasi sama dengan yang belum divaksinasi.

Hal ini membuat mereka mempercayai jika ada kemungkinan orang yang sudah divaksinasi lengkap sekalipun masih berpotensi menularkan kepada orang lain, terutama jika itu merupakan varian Delta.

Selain itu, orang-orang yang tidak divaksinasi juga disebut Rachelle lebih mudah menyebarkan Covid-19 dibanding dengan orang yang sudah divaksinasi di Amerika Serikat. Karena itu, orang-orang sangat dianjurkan untuk mendapatkan suntikan vaksin Covid-19 sesegera mungkin.

Selain itu, beberapa hari lalu CDC juga mengeluarkan rekomendasi baru terkait penggunaan masker bagi orang yang sudah divaksinasi. Rekomendasi ini muncul setelah penelitian menunjukkan jika varian Delta yang mendominasi di Amerika Serikat memiliki perilaku unik dibanding virus SARS-Cov-2 lainnya.

Sebelumnya CDC sempat merekomendasikan orang yang sudah divaksinasi penuh tidak perlu memakai masker hampir di semua tempat. Tetapi rekomendasi baru telah meminta orang-orang yang sudah divaksinasi penuh untuk tetap memakai masker saat berada di dalam ruang publik. 

Orang-orang yang sudah mendapat vaksinasi penuh juga direkomendasikan untuk tetap memakai masker ketika berada di daerah yang memiliki penularan tinggi. Ini termasuk di dalam sekolah, baik bagi staf, guru, murid, maupun pengunjung, terlepas dari status vaksinasinya.

Tentu saja selain menggunakan masker, protokol kesehatan lain seperti menjaga jarak, mencuci tangan dengan sabun atau hand sanitizer, menjauhi kerumunan, dan mengurangi mobilitas juga tetap harus dilakukan.

Jika perlu, gunakan masker ganda – masker medis dilapis masker kain – untuk memberikan perlindungan yang lebih optimal. Jangan lupa juga untuk selalu mematuhi peraturan yang ada di tempat kalian tinggal dan segera dapatkan vaksinasi Covid-19. (*)

Related Articles
Current Issues
5 Hal yang Membuatmu Bisa Terpapar Covid-19 Varian Delta

Current Issues
Hindari Tempat-Tempat Ini Jika Belum Vaksin

Current Issues
Varian Delta Makin Merajalela, Ini Alasan Mengapa Remaja Juga Harus Waspada