Tech

Pembaruan Software Tesla Tambahkan Fitur Disney+ Hingga Mode Cuci Mobil

Jingga Irawan

Posted on July 30th 2021

Credit: Tesla

Pemilik mobil Tesla tak akan ketinggalan episode terbaru Loki, Mandalorian, atau Wadavision saat sedang melakukan perjalanan dengan Tesla. Sebab dilansir dari CNET pada Jum’at (30/7), perangkat lunak dan infotainment yang ada di Tesla -versi 2021.24- menghadirkan sejumlah fitur baru. Termasuk penambahan streaming video Disney+ ke aplikasi Tesla Theatre Mode.

Theatre Mode adalah aplikasi dalam dasbor yang dapat diakses melalui bagian Entertainment dari perangkat lunak dan infotainment yang ada di kendaraan Tesla.

Dalam perangkat lunak dan infotainment sebenarnya sudah ada Netflix, Hulu, YouTube, Twitch, dan sekarang layanan streaming Disney+ di menu ini. Akses ke layanan berbasis langganan seperti Disney+ tak termasuk dalam paket data Konektivitas Premium Tesla, jadi pemilik harus mendaftar dan membelinya secara terpisah.

Akses ke Theater Mode perlu memarkir kendaraan. Tak bisa ditonton ketika mobil sedang berjalan. Paling tidak, fitur baru dapat memberi pengemudi sesuatu untuk dilakukan sambil menunggu atau sedang mengisi daya di stasiun Supercharger Tesla.

Pembaruan 2021.24 juga menambahkan mode Cuci Mobil baru. Mengakses pengaturan ini di menu Service membuat kendaraan lebih bersiap untuk dicuci, dengan menutup semua jendela, mengunci port pengisian daya dan menonaktifkan wiper kaca depan otomatis, peringatan mode penjaga, kunci pintu walk-away hingga peringatan sensor parkir.

Pengemudi yang sering menggunakan mesin cuci konveyor otomatis juga dapat memilih opsi Free Roll, yang mengalihkan kendaraan ke netral dan mencegah rem parkir aktif secara otomatis jika pengemudi meninggalkan kendaraan.

Ada fitur untuk menonaktifkan dan mengaktifkan peredupan otomatis kaca spion samping. Pengemudi dapat memilih apakah akan menampilkan persentase atau perkiraan jarak saat menampilkan status pengisian daya baterai.

Dash cam Tesla sekarang juga dapat diprogram untuk secara otomatis menyimpan klip jika terjadi tabrakan atau saat airbag mengembang. Rekaman yang diambil disimpan secara lokal dan tak pernah disimpan ke Tesla.

Ada juga lebih banyak support bahasa: Hungaria, Rumania, dan Rusia. Terakhir, ada opsi baru untuk tetap terhubung ke Wi-Fi saat beralih ke mode drive, berguna bagi pengemudi yang ingin menggunakan hotspot untuk konektivitas daripada paket Konektivitas Premium Tesla dan modem onboard.(*)

Related Articles
Tech
Berambisi Kuasai Pasar EV dan AV, General Motors Berinvestasi Rp 503 Triliun

Tech
Beralih ke Listrik, Mulai 2035 VW Setop Jual Mobil Berbahan Bakar Fosil di Eropa

Tech
Dinilai Lebih Aman, Tesla Bakal Gunakan Baterai Blade Baru Buatan BYD